Teropong Bisnis | Homepage
Pemerintah Indonesia Bebaskan PPN Rumah Harga di Bawah Rp 300 Juta

Pemerintah Indonesia Bebaskan PPN Rumah Harga di Bawah Rp 300 Juta

0 Comments 🕔19.Jun 2015

Pemerintah Indonesia telah menaikkan batasan harga properti rumah yang tidak akan dikenakan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) yang tadinya hanya Rp 140 juta saat ini menjadi Rp 300 juta. Dengan kenaikan batasan tersebut, masyarakat pun kini menjadi lebih hemat untuk dapat memenuhi kebutuhan tempat tinggalnya karena biaya PPN cukup besar dan membuat harga rumah menjadi semakin mahal

Mekar Satria Utama selaku Direktur Penyuluhan Pelayananan & Humas, Dirjen Pajak dari Kementrian Keuangan mengatakan bahwa alasan utama pemerintah memutuskan menaikkan plafon harga properti rumah yang bebas dari pajak pertambahan nilai adalah untuk membantu meningkatkan pasar rumah hunian dengan harga kurang dari Rp 300 juta.

Tidak hanya itu saja, pemerintah juga menghadirkan kebijakan baru ini untuk membantu meningkatkan industri properti di tanah air. Pemerintah berharap supaya developer atau pengembang akan semakin banyak lagi yang berniat untuk membangun unit – unit rumah hunian baru di kelompok harga tersebut.

“Untuk saat ini, pasar dengan permintaan yang besar kan ada di rentang harga itu. Untuk saat ini memang sepertinya sudah waktunya Rp 140 juta itu, beberapa orang beranggapan itu sudah tidak layak. Dengan harga Rp 300 juta itulah ukuran yang wajar untuk rumah hunian kelas menengah yang dapat dikembangkan,” ucap Mekar seperti dilansir dari laman Kompas.com hari Kamis (18/6).

Mekar juga mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah mendengar masukan – masukan pendapat dari para pengembang sebelum mereka memutuskan kenaikan plafon. Dengan adanya aturan baru ini, diharapkan agar backlog di kelompok harga properti rumah dapat diatasi.

“Kalau nggak salah, backlog harga rumahnya sampai berapa juta gitu. Backlog itu sendiri maksudnya adalah permintaan masyarakat terhadap rumah dengan tipe tersebut dibanding dengan suplai yang hendak disediakan oleh para developer. Jadi jika pajak pertambahan nilainya ditiadakan, para pengembang akan lebih berminat untuk masuk di kisaran tersebut,” lanjut Mekar.

Di sisi lain, Eddy Hussy selaku Ketua Umum Persatuan Perusahaan REI (Real Estate Indonesia) juga telah membenarkan bahwa permintaan hunian dengan kisaran harga di bawah angka Rp 300 juta memang sangat tinggi. Hal itu disebabkan karena kebanyakan masyarakat di Indonesia masih termasuk low income atau memiliki pendapatan rendah.

“Saya sendiri memang tidak angkanya, tetapi jika dari semua anggota REI di negara ini, yang membuat rumah hunian dengan harga Rp 300 juta tersebut dapat mencakup hingga 50 % dari total rumah yang mereka bangun,” tutur Eddy  seperti dikutip dari laman Kompas.com, Kamis (18/6).

Selain memudahkan para developer, peniadaan PPN oleh pemerintah Indonesia ini tentunya juga sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat kini dapat menghemat biaya hingga beberapa juta rupiah untuk membeli rumah hunian baru yang diidam – idamkan.

Pemerintah Indonesia

Similar Articles

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya 0

Beberapa waktu lalu Panama Papers mengungkapkan mengenai praktik gelap yang dilakukan oleh perusahaan siluman sebagai mafia

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba!

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba! 0

Bagi Anda yang merasa tarif Pajak Penghasilan (PPh) terlalu tinggi, Pemerintah berencana untuk menurunkannya. Hal

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *