Teropong Bisnis | Homepage
Pemasangan Alat Identifikasi Frekuensi Radio Di Seluruh SPBU Oleh Pertamina

Pemasangan Alat Identifikasi Frekuensi Radio Di Seluruh SPBU Oleh Pertamina

0 Comments 🕔19.Aug 2013

Teknologi yang terus berkembang memungkinkan berbagai macam fitur yang sebelumnya tidak mungkin menjadi dimungkinkan, hal tersebut dimanfaatkan oleh PT Pertamina yang berencana memasang alat identifikasi kendaraan untuk mengendalikan konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi yang menggunakan teknologi gelombang atau frekuensi radio. Pada tahun 2014, ditargetkan semua stasiun pengisian bahan bakar umum di tanah air telah dilengkapi dengan perangkat RFID atau radio frequency identification ini. Program ini akan dimulai dengan memasang RFID di semua SPBU yang beroperasi di DKI Jakarta yang merupakan daerah dengan populasi kendaraan terbesar, terdapat 274 titik SPBU di Jakarta yang akan menjadi permulaan dari program ini. Setelah pemasangan RFID di titik – titik SPBU maka Pertamina akan melanjutkan program ini dengan pemasangan RFID pada kendaraan.

Pemasangan-Alat-Identifikasi-Frekuensi-Radio-Di-Seluruh-SPBU-Oleh-Pertamina-2

Proyek pemasangan alat identifikasi frekuensi radio pada kendaraan akan dimulai dengan pemasangan alat ini pada kendaraan milik pemerintah dan secara bertahap akan dipasang pada kendaraan milik pribadi, demikian penuturan Hanung Budya yang menjabar Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina. Proses pemasangan alat tersebut direncanakan akan selesai pada tahun 2014, program ini dilakukan guna mengendalikan distribusi bahan bakar minyak bersubsidi dan mencegah konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi oleh pihak – pihak atau konsumen yang tidak berhak. Efisiensi pengeluaran subsidi bahan bakar minyak menjadi salah satu perhatian Pertamina sehingga program ini dirasa perlu guna memastikan subsidi tepat sasaran dalam praktek pelayanan penjualan bahan bakar minyak di lapangan.

Program pemasangan alat identifikasi frekuensi radio yang akan dimulai di Jakarta akan dilanjutkan ke daerah – daerah dengan populasi kendaraan bermotor yang cukup tinggi serta memiliki tingkat kerawanan terjadinya penyalahgunaan BBM PSO, daerah – daerah di Kalimantan, Lampung dan Jawa Barat menjadi target lokasi alat identifikasi frekuensi radio selanjutnya. Solar menjadi salah satu bahan bakar minyak bersubsidi yang rawan penyalahgunaan terutama di daerah – daerah tersebut sehingga pemasangan alat identifikasi frekuensi radio memiliki urgensi yang cukup tinggi. Pada pertengahan 2014 Pertamina menargetkan semua SPBU telah menggunakan alat identifikasi frekuensi radio.

Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan juga memberikan keterangan bahwa program pemasangan alat identifikasi frekuensi radio ini agak terlambat dimulai, namun pihak Pertamina mengharapkan program ini tetap selesai tepat waktu seperti yang sudah direncanakan, program yang sebenarnya direncanakan dimulai bulan Juli namun baru dapat mulai direalisasikan pada bulan Agustus ini. Dengan pemasangan alat identifikasi frekuensi radio ini maka jumlah konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi yang dikeluarkan oleh sebuah SPBU akan terpantau. Dalam kelanjutan program ini, pemantauan pembelian dari kendaraan yang berhak mendapatkan subsidi namun telah melebihi kuota akan memberikan informasi bahwa kendaraan tersebut tidak lagi dapat membeli bahan bakar minyak bersubsidi.

Pemasangan-Alat-Identifikasi-Frekuensi-Radio-Di-Seluruh-SPBU-Oleh-Pertamina-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *