Teropong Bisnis | Homepage
Pelemahan Nilai Rupiah Sebenarnya Lebih Baik Dibandingkan Negara Lain

Pelemahan Nilai Rupiah Sebenarnya Lebih Baik Dibandingkan Negara Lain

0 Comments 🕔31.Jul 2013

Pelemahan nilai Rupiah terjadi lagi. Ekonom Lembaga Penjamin Simpanan, Doddy Arifiyanto, mengemukakan bahwa nilai tukar rupiah kali ini sudah menembus angka 10.000 untuk satu Dollarnya. Meskipun angkanya sudah menembus 10.000, angka ini menurut beliau masih dibilang sebagai angka yang aman. Mengapa demikian? Hal ini jelas dikarenakan depresiasi dari nilai tukar mata uang yang ada di Indonesia ternyata dalam kondisi yang lebih baik dibandingkan dengan Negara lain yang ada di Asia Tenggara. Nilai tukar rupiah dikabarkan mengalami pelemahan dalam jumlah 5 sampai 6 persen tersebut ternyata statusnya masih aman. Bagi beliau, angka tersebut merupakan angka yang wajar.

Pelemahan-Nilai-Rupiah-Sebenarnya-Lebih-Baik-Dibandingkan-Negara-Lain-2

Memang sejak awal tahun ini, nilai rupiah sudah dalam kondisi yang kurang begitu baik, karena rupiah bertahan dalam level Rp.9.700 untuk setiap dollarnya. Beberapa pekan lalu memang sempat nilai rupiah tiba-tiba melemah dengan presentase yang sangat tinggi, yaitu Rp. 10.265. Untungnya pelemahan tersebut bisa dikendalikan dengan kondusif sehingga nilai rupiah bisa menguat lagi di angka Rp. 10.000. Namun demikian, banyak para ahli ekonomi yang juga mewanti-wanti agar Indonesia siap menerima kemungkinan terburuk, yaitu melemahnya nilai mata uang kita lagi. Untuk saat ini memang penguatan nilai rupiah dirasa sangat sulit untuk diperoleh mengingat banyak sekali permasalahan yang terjadi dewasa ini. Rupiah juga dikabarkan akan mengikat dengan jumlah 5,8% di beberapa pekan kedepan.

Kondisi Nilai Mata Uang Negara-Negara di Asia

Doddy mengatakan bahwa melemahnya mata uang Rupiah masih lebih baik dibandingkan dengan Mata Uang Lira Turki yang mana bahkan melemah dalam jumlah 9%. Sementara itu untuk mata uang Rupee India, pelemahannya terjadi hingga 7%. Mata uang Peso dari Filipina juga mengalami pelemahan meskipun hanya 5% saja. Ini menunjukan bahwa nilai mata uang kita tidak jelek-jelek amat, menurut pendapat Doddy. Menguatnya nilai tukar Dollar tentunya terjadi secara mengglobal sehingga tidak hanya Indonesia yang terkena imbasnya namun juga beberapa Negara di kawasan Asia lainnya. Meskipun demikian, Indonesia tidak boleh tenang-tenang saja. Harus ada langkah tepat yang dilakukan untuk mencegah kemungkinan yang lebih buruk terjadi.

Melemahnya Nilai Rupiah Menunjukan Lemahnya Fundamental Perekonomian Negara Ini

Nilai Tukar Rupiah yang melemah juga menunjukan betapa lemahnya kondisi fundamental perekonomian yang ada di Indonesia. Perekonomian Indonesia juga semakin lama makin melambat karenanya. Bahkan saat ini posisi dari neraca perdagangan saja masih mengalami defisit. Terjadinya Inflasi yang menggemparkan perekonomian Indonesia di Bulan Juli 2013 ini juga menjadi faktor utama lumpuhnya perekonomian yang ada di Negara kita. Saat ini, banyak ahli ekonomi yang memprediksi bahwa nilai tukar rupiah akan mampu mencapai 10.500 rupiah untuk satu dollarnya hingga akhir tahun nanti. Ini juga pastinya akan memicu naiknya harga barang yang ada di sekeliling kita.

Journalists point to a graph showing the last eight days of the stock market indexes at the stock exchange in Lisbon

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *