Teropong Bisnis | Homepage
Panas-Dingin RI Dan Singapura Pengaruhi Rencana Ekspansi Sejumlah Perbankan Indonesia Di Singapura

Panas-Dingin RI Dan Singapura Pengaruhi Rencana Ekspansi Sejumlah Perbankan Indonesia Di Singapura

0 Comments 🕔13.Feb 2014

Saat ini hubungan diplomatik Indonesia-Singapura sedang memanas karena penamaan kapal TNI Angkatan Laut Indonesia yang masih controversial. Hubungan diplomatik yang memanas ini ternyata juga berimbas pada rencana sejumlah perbankan Indonesia yang akan melakukan ekspansi ke Singapura. Salah satu perbankan yang merasakan imbasnya adalah PT Bank Mandiri (Persero). Rencananya PT Bank Mandiri akan membuka cabang di beberapa titik di Negara Singapura. Namun hingga kini pihak bank belum mendapatkan izin dari otoritas perbankan Singapura. Saat ditemui oleh sejumlah wartawan hari ini, Muliaman D. Hadad selaku Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memilih tidak berkomentar.

Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama PT Bank Mandiri, mengatakan bahwa pihaknya akan tetap membuka kantor cabang Bank Mandiri di Negara Singapura. Ia menjelaskan pada teman-teman wartawan bahwa pihaknya hingga kini masih menunggu konfirmasi pemberian izin dari pihak otoritas perbankan Singapura (Monetary Authority of Singapore). Kondisi ini sangat kontras di Indonesia di mana OCBC NISP, sebuah bank asing asal Singapura, memiliki 350 kantor cabang di Negeri Indonesia. Sedangkan di negaranya sendiri, bank ini hanya memiliki 50 kantor cabang saja.

TNI, indonesia, singapore, hubungan diplomatik, bisnis

Sulitnya perizinan pembukaan kantor cabang bank di Singapura diperparah dengan semakin memanasnya hubungan kedua negara, Indonesia -Singapura. Konflik kecil Singapura-Indonesia bermula dari penamaan  kapal TNI AL Indonesia yang diambil dari nama depan dua pahlawan Indonesia yang gugur dieksekusi pada saat membela negara melawan Singapura dan Malaysia. Penamaan KRI Usman-Harun, sebuah kapal fregat milik Indonesia yang baru saja dibeli dari Inggris, membuat Singapura meradang. Pasalnya Usman dan Harun dianggap teroris oleh pihak Singapura. Menurut pemerintah Singapura, Usman dan Harun adalah pelaku pengeboman di salah satu titik yang penuh dengan warga sipil pada saat itu. Peristiwa pengeboman itu menewaskans 3 warga sipil dan 33 orang lainnya luka-luka. Usman-Harun tak ada bedanya dengan teroris, menurut Singapura.

Selain berimbas di sektor ekonomi seperti yang saat ini sedang dihadapi Bank Mandiri, konflik Singapura-Indonesia yang terus memanas ini juga mempengaruhi sektor-sektor lainnya. Misalnya, pelarangan pelintasan KRI Usman-Harun di wilayah Selat Malaka dan sekitarnya. Kemudian contoh lainnya yaitu pembatalan undangan kehormatan yang tadinya ditujukan pada sejumlah pejabat penting militer RI untuk datang ke acara pameran dirgantara terbesar se-Asia yang dinamakan Air Force Show 2014.

Apun respon Singapura, Moeldoko selaku Panglima TNI tetap akan menggunakan nama Usman-Harun sebagai nama untuk KRI yang terbaru. Moeldoko juga menambahkan bahwa ia sangat mantap dengan nama Usman-Harun karena pertimbangan sejarah yang mana Usman dan Harun dianggap pahlawan Bangsa Indonesia yang pantas diberi penghargaan yang bersifat abadi seperti salah satunya dengan menggunakan nama mereka sebagai nama KRI.

TNI, indonesia, singapore, hubungan diplomatik, bisnis

BACA JUGA:

Perdamaian BRI Dan Mitra Supra Batal, Pailit Pun Datang

Guncangan Terjadi Di Bursa Saham AS

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *