Teropong Bisnis | Homepage
Optimisme Pemerintah Pada Penguatan Nilai Rupiah Di Tahun 2014

Optimisme Pemerintah Pada Penguatan Nilai Rupiah Di Tahun 2014

0 Comments 🕔19.Aug 2013

Kebangkitan perekonomian diprediksikan akan terjadi pada tahun 2014 nanti oleh pihak Bank Indonesia, BI cukup optimis bahwa nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat akan mengalami kenaikan. BI mengeluarkan prediksi bahwa nilai tukar rupiah akan dapat mencapai Rp 9.750 per dolar Amerika Serikat. Pernyataan tersebut sesuai dengan pernyataan Presiden SBY terkait dengan asumsi atau perkiraan rata – rata nilai tukar rupiah pada pidato RAPBN 2013 beberapa waktu lalu di Gedung DPR Republik Indonesia. Pada kenyataannya, nilai tukar rupah terhadap dolar AS pada saat ini masih berada pada posisi Rp. 10.500 per dolar AS sehingga dapat dikatakan masih cukup jauh dari asumsi rata – rata nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang ditargetkan.

Optimisme-Pemerintah-Pada-Penguatan-Nilai-Rupiah-Di-Tahun-2014-1

Fenomena turunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tersebut menurut analisa pihak BI terkait dengan neraca pembayaran Indonesia pada kuartal kedua tahun 2013 ini, pihak BI memberikan pernyataan bahwa terjadi defisit besar pada neraca pembayaran kuartal kedua. Meskipun begitu, masih tersirat optimisme dari BI bahwa necara pembayaran Indonesia masih akan membaik di kuartal – kuartal berikutnya. Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyatakan bahwa defisit neraca pembayaran akan makin mengecil pada kuartal berikutnya. Secara keseluruhan neraca pembayaran akan kembali surplus pada kuartal – kuartal berikutnya yang nantinya akan memberikan imbas positif pada kenaikan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Pernyataan Perry yang berupa defisit akan semakin mengecil, secara keseluruhan dari total neraca pembayaran akan kembali suprlus dan akan berdampak pada nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika yang akan kembali menguat dan lebih stabil menunjukkan optimisme pihak Bank Indonesia terkait dengan posisi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada saat ini. Hal tersebut menguatkan optimisme pernyataan Presiden SBY pada pidato yang disampaikan mengenai RAPBN 2014 tanggal 16 Agustus yang lalu bahwa nilai tukar rupiah akan berada pada kisaran Rp. 9.750 per dolar Amerika Serikat pada tahun depan.

Presiden SBY juga memberikan pernyataan melalui pidato RAPBN 2014 di Gedung DPR RI bahwa beberapa hal penting yang harus diperhatikan terkait dengan upaya memperbaiki posisi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dan peningkatan neraca pembayaran di kuartal mendatang. Salah satunya adalah dengan berhati – hati dalam melakukan kebijakan moneter, kebijakan moneter yang hati – hati akan menjaga stabilitas di pasar yang akan menjadi faktor penting dalam memperbaiki posisi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dengan lebih realistis. Masih terdapat pekerjaan rumah yang cukup panjang guna memperbaiki nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang saat ini berada pada Rp. 10.500 per dolar AS menjadi Rp. 9.750 di tahun mendatang.

Optimisme-Pemerintah-Pada-Penguatan-Nilai-Rupiah-Di-Tahun-2014-3

Similar Articles

Industri Kreatif Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Industri Kreatif Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 0

Bagi Anda yang ingin berwirausaha, sudah dipastikan bahwa Anda tidak boleh berpikir secara sederhana bila

Harga Minyak Anjlok, Wall Steet Jatuh

Harga Minyak Anjlok, Wall Steet Jatuh 0

Saham – saham di Amerika Serikat berakhir jatuh pada hari Senin (hari Selasa pagi WIB,

Mengintip 100 Tahun Lebih Sejarah Pegadaian

Mengintip 100 Tahun Lebih Sejarah Pegadaian 0

Pegadaian dapat dikatakan sebagai salah satu solusi finansial yang bermanfaat yang dapat Anda gunakan. Tetapi,

BKPM: Investasi Pertanian Kian Meningkat

BKPM: Investasi Pertanian Kian Meningkat 0

BKPM atau Badan Koordinasi Penanaman Modal telah mencatat bahwa minat investasi di bidang pertanian terus mengalami

Ada Apa Dengan Perekonomian Indonesia dan Krisis Yunani?

Ada Apa Dengan Perekonomian Indonesia dan Krisis Yunani? 0

Beberapa pengamat ekonomi mengungkapkan bila salah satu penyebab melemahnya nilai tukar Rupiah adalah krisis Yunani. Dari

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *