Teropong Bisnis | Homepage
Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Amerika Jelang Pemilihan Presiden

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Amerika Jelang Pemilihan Presiden

0 Comments 🕔06.Jun 2014

Nilai tukar rupiah kembali terpuruk. Saat ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat mencapai angka Rp.11.800. Menurut Menteri Keuangan, Chatib Basri penurunan nilai tukar tersebut masih berada pada nilai standar.

Salah satu alasan pelemahan nilai tukar rupiah adalah karena adanya nilai defisit pada neraca perdagangan pada April 2014 lalu. Pada bulan tersebut defisit neraca perdagangan mencapai nilai US$1.96 miliar.

Chatib menambahkan bahwa ketatnya jarak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat adalah dampak jelang pemilihan presiden dan wakil presiden. Karena perihal ini, pasar melakukan respon. Pasar masih menunggu hasil dari pemilihan presiden dan wakil presiden yang akan dihelat pada tanggal 9 Juli 2014 mendatang.

Bagi pasar, kepastian adalah sesuatu yang sangat penting. Chatib menyarankan agar tetap tenang dan membiarkan pergerakan tersebut karena masih dalam rata-rata atau standar. Selanjutnya, Chatib masih menunggu asumsi Anggaran Pendapatan Belanja Negara atau APBN.

Melihat kecenderungan tahun ini, Chatib memprediksi bahwa trendnya masih temporer. Alih-alih mengkhawatirkan nilai tukar rupiah, Chatib justru sangat optimis jika nilai ekspor akan menjadi lebih di bulan Mei 2014.

Hal ini terkait dengan kepastian pabrik pengolahan dan pemurnian mineral atau smelter. Jika aktivitas pengolahan ini berjalan dengan baik dan lancar maka ekspor juga akan kembali membaik. Sebagai informasi, kondisi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikatmencapai nilai 0.44%. Saat ini, nilai rupiah bergerak antara Rp. 11.786 hingga Rp. 11.833.

Rupanya, penguatan rupiah beberapa bulan lalu tidak bertahan lama. Saat capres dan cawapres mendaftarkan diri saja, nilai tukar rupiah semakin merosot tajam hingga menembus angka Rp. 11.500 per dolar Amerika Serikat.

Selain itu, nilai rupiah juga mengalami koreksi sebesar 66 poin yang membuatnya bertengger ke level Rp. 11.507. Sebelumnya, nilai rupiah mencapai Rp. 11.441 per dolar Amerika Serikat di perdagangan sebelumnya.

Hal serupa juga terjadi di ranah valuta asing atau valas. Menurut data, Bloomberg menunjukkan nilai rupiah mengalami pergerakan di level yang sama. Data tersebut menyatakan bahwa rupiah sudah melemah saat pembukaan.

Level pelemahan membawa rupiah pada kisaran Rp. 11.503 per dolar Amerika Serikat. Sedangkan pada penutupan, rupiah hanya bertengger di level Rp. 11.490 per dolar Amerika Serikat. Sebenarnya, pergerakan rupiah masih fluktuatif saat perdagangan menjelang siang.

Sayangnya, nilai rupiah justru menurun hingga penutupan perdagangan. Tentu saja, alasannya masih sama yaitu karena Indonesia masih menghadapi euphoria politik pemilihan presiden dan wakil presiden. Gejolak inilah yang mambuat adanya sentiment negatif pergerakan nilai tukar rupiah.

Investor juga mengamati peta koalisi dari masing-masing partai. Peta koaliasi ini justru mengundang rasa pesimis bagi sebagian besar investor.

nilai tukar rupiah, managemen keuangan, pajak, artikel ekonomi, rupiah saat ini

BACA JUGA:

Dampak Krisis Politik di Thailand Terhadap Negara-Negara Kawasan Asean

Pekan Ini IHSG Bergerak Melambung Ringan

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *