Teropong Bisnis | Homepage
Nilai Tukar Rupiah Dalam Status Menguat

Nilai Tukar Rupiah Dalam Status Menguat

0 Comments 🕔03.Jul 2013

Nilai rupiah ditutup dengan status tetap menguat di data perdagangan spot hari Senin kemarin. Nilai tukar rupiah untuk saat ini telah turun dengan jumlah 9.928 per dollar AS. Penurunan 0,75% ini agaknya menjadi potensi yang positif bagi rupiah. Dengan menguatnya nilai rupiah, maka aktivitas bisnis di berbagai macam sektor pun akan mulai lancar. Dalam hal ini kurs tengah bank Indonesia juga membukukan angka kenaikan 0,05% yakni dengan jumlah 9.934 per dollar AS. Diharapkan oleh pihak BI agar Rupiah bisa makin menguat untuk beberapa pekan ke depan.  Analisis Pasar Keuangan Bank Mandiri, Reny Eka Putri, menjelaskan bahwa Rupiah saat ini mendapatkan topangan rilis data dari inflasi yang terjadi pada bulan Juni. Jumlah inflasi tersebut tercatat adalah 1,03%. Jumlah ini tentunya lebih rendah dibandingkan perkiraan pasar sebelumnya yang mencatat kurang dari angka tersebut.

Nilai-Tukar-Rupiah-Dalam-Status-Menguat-2

Faktor Penyebab Penguatan Nilai Rupiah

Ditambah lagi, faktor lain yang menyebabkan nilai rupiah menguat adalah adanya defisit dalam neraca perdagangan di Indonesia. Kinerja ekspor yang baik juga salah satu hal yang berpengaruh dalam meningkatkan value atau nilai rupiah. Jika dilihat dari sisi global, banyak sekali kekhawatiran pasar yang terjadi, antara lain adalah kecemasan terhadap prospek dan juga pengurangan atau penarikan stimulus untuk AS. Namun kini semua hal tersebut telah mereda. Terlebih lagi, adanya komitmen dari Bank Sentral China yang memaparkan bahwa suku bunga akan tetap berada dalam kisaran wajar juga berpotensi untuk menormalkan nilai tukar suatu mata uang. Keyakinan terhadap kondisi ekonomi yang baik mengakibatkan hal tersebut berhasil untuk diwujudkan.

Hasil Analisis Monex Investindo Futures

Analis Monex Investindo Futures, Daru Wibisono, juga memberikan opininya terkait peningkatan nilai rupiah ini. Dari data inflasi dan ekspor, memang terlihat dengan jelas bahwa perekonomian di negeri ini tengah dalam proses yang baik, ujar beliau. Rupiah berhasil ditopang dengan signifikan dan ini bisa dilihat dari data manufacturer bulan Juni 2013 yang makin lama makin baik. Bagaimanapun juga, menurut beliau, trend penguatan rupiah ini harus dilanjutkan. Segala upaya yang berpotensi untuk meningkatkan nilai rupiah tentunya akan membawa negeri ini menjadi makin membaik perekonomiannya.

Dalam beberapa pekan ke depan, memang banyak para ahli yang memprediksi bahwa nilai tukar rupiah akan bisa berada dibawah angka saat ini. Status rupiah saat ini adalah 9.890 sampai dengan 9.955 per dollar ASnya. Agaknya langkah pemerintah untuk menaikan harga BBM berhasil terwujud dengan baik dengan memberikan keuntungan di sektor nilai tukar rupiah ini. Namun, tidak hanya kenaikan BBM yang memicu kenaikan nilai rupiah ini. Banyak faktor lain yang membuatnya naik, seperti beberapa hal yang dikemukakan diatas. Semoga perekonomian di negara ini bisa menjadi makin membaik.

An employee of a money changer counts U.S. dollar notes for a customer in Makassar

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *