Teropong Bisnis | Homepage
Nilai Rupiah dan Beberapa Mata Uang di Negara Asia Makin Terbebani

Nilai Rupiah dan Beberapa Mata Uang di Negara Asia Makin Terbebani

0 Comments 🕔12.Jul 2013

Nilai tukar mata uang Dollar AS kini masih saja mengalami penguatan. Hal ini kemudian memicu nilai tukar terhadap rupiah yang makin lama makin melemah. Jika hal ini tidak segera dicarikan solusinya maka Rupiah makin lama akan makin anjlok. Pagi ini dikabarkan bahwa nilai rupiah tengah mengalami penurunan dengan jumlah yang signifikan yakni 12 poin. Jumlahnya masuk dalam level 9.996 untuk setiap penukaran satu Dollar ASnya. Para ahli ekonomi banyak yang memberikan komentarnya terkait masalah tersebut, tidak terkecuali Dian Ayu, Ekonom dari Bank Danamon. Beliau menyampaikan bahwa saat ini kondisi pasar masih diwarnai dengan banyaknya investor asing yang ingin membeli saham lokal yang ada di Indonesia. Proses tersebut adalah salah satu pemicu yang membuat nilai rupiah semakin terbebani. Bahkan tidak hanya rupiah yang mengalaminya, beberapa mata uang di Negara lain juga mengalami hal yang serupa. Bahkan kecenderungan nilai tukar yang semakin melemah terhadap dollar AS ini kian tinggi saja.

Nilai-Rupiah-dan-Beberapa-Mata-Uang-di-Negara-Asia-Makin-Terbebani-2

Langkah Bank Indonesia untuk Mengantisipsi Tekanan Global

Saat ini yang bisa dilakukan oleh Bank Indonesia adalah menjaga stabilitas keuangan yang ada di koridornya agar tidak makin memperparah keadaan yang tidak sehat ini. BI tentunya juga harus berusaha keras karena ada hal lain yang menghambat aktivitas pertahanan terhadap koridor keuangan yang mereka miliki, yakni adanya tekanan global dari berbagai sektor. Perkembangan dari aset-aset yang ada di pasar dunia. Inilah yang berimbas pada melemahnya nilai mata uang beberapa Negara yang ada di Asia. Beliau bahkan menambahkan bahwa malah aneh jika Rupiah yang meningkat sendirian. Faktanya memang tekanan global akan memberikan imbasnya secara menyeluruh ke wilayah tertentu, dalam hal ini Negara-negara di Asia yang terkena dampaknya.

The Fed Berencana Menghentikan Stimulus Moneter

Untungnya saat ini perkembangan ekonomi yang ada di negeri Paman Sam tengah mengalami perbaikan. Hal ini terbukti dari hasil data manufaktur yang dipaparkan oleh The Fed Amerika Serikat, dimana perekonomian di Negara tersebut kini tengah dalam kondisi yang stabil karena mereka sedang melakukan langkah penghentian program stimulus yang dilakukan. Stimulus moneter adalah salah satu pemicu utama timbulnya kenaikan terhadap nilai tukar Dollar AS tersebut. Maka dari itu The Fed berniat untuk melakukan pemotongan anggaran terhadap beberapa sektor, salah satunya adalah pembelian terhadap saham obligasi yang telah berlangsung per bulan September, dengan total 85 Miliyar. Program ini sejatinya akan dihentikan dengan sepenuhnya di awal tahun 2014 mendatang. Tekanan global meskipun saat ini masih menjadi sesuatu yang mendominasi, nampaknya rupiah kini sudah mengalami perbaikan sedikit demi sedikit. Kenaikan suku bunga yang ada saat ini tentunya memberikan peluang besar bagi investor asing untuk menanamkan modal yang mereka miliki ke dalam pasar domestik.

Nilai-Rupiah-dan-Beberapa-Mata-Uang-di-Negara-Asia-Makin-Terbebani-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *