Teropong Bisnis | Homepage
Nilai Kapitalisasi Melejit, BRI Berada Di Peringkat 6 ASEAN

Nilai Kapitalisasi Melejit, BRI Berada Di Peringkat 6 ASEAN

0 Comments 🕔26.Feb 2014

Adanya keputusan Bank Indonesia (BI) akhir tahun lalu tentang suku bunga acuan, membuat beberapa bank mengalami beberapa masalah. Bagaimana tidak, suku bunga acuan yang mencapai 7,5% membuat bank harus mengevaluasi ulang rencana penetapan bunga kredit mereka. Hal ini juga berimbas pada Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Akan tetapi, awal tahun ini, ada kabar gembira yang datang dari bank ini. PT. Bank Rakyat Indonesia Persero (BRI) berhasil meningkatkan kapitalisasi saham mereka. Saat ini, kapitalisasi saham BRI mencapai 20,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp. 238 triliun per akhir pekan yang lalu.

Pencapaian BRI ini juga mempunyai arti lain. BRI akhirnya berhasil menjadi bank dengan kapitalisasi terbesar kedua di Indonesia. Menurut Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali, hal ini akan menjadi salah satu daya tarik BRI. Selain itu, adanya jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia juga akan membuat bank ini menjadi pilihan utama puluhan juta nasabah di seluruh Indonesia.

Menurut Ali, pencapaian BRI ini bukan menjadi salah satu titik kepuasan bagi pihaknya. Menurutnya, dengan menjadi bank dengan kapitalisasi terbesar kedua di Indonesia, diperlukan kerja keras semua unsur didalam BRI. Hal ini diperlukan untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan kinerja bank ini untuk para nasabahnya. Sebelumnya, BRI berada di peringkat tiga untuk besar kapitalisasi perbankan mereka.

Akan tetapi, bila kita melihat sepak terjang BRI beberapa tahun ini, sangat wajar bila mereka berhasil mencapai hasil memuaskan ini. Sejak tahun 2005, BRI berhasil mencatatkan hasil yang memuaskan. Laba yang dihasilkan bank ini cukup besar. Selain itu, setiap tahunnya, nilai dan jumlah aset yang dimiliki oleh BRI juga terus meningkat.

ASEAN, BRI, perbankan, ekonomi, nilai kapitalisasi

Puncaknya, akhir pekan lalu, saat kode emiten BRI mendapatkan hasil yang cukup baik di pasar saham. Dan, hal ini menjadi isyarat bahwa BRI menjadi salah satu bank terbaik di kawasan ASEAN. Bahkan, Ali mengungkapkan BRI menempati urutan keenam untuk bank dengan kapitalisasi terbesar.

Pencapaian BRI ini juga melampaui beberapa bank terkemuka di ASEAN. BRI berhasil mengungguli Public Bank Malaysia dengan kapitalisasi saham sebesar 20,3 milliar dollar AS dan CIMB dengan kapitalisasi saham sebesar 17,6 miliar dollar AS. Perlu diketahui, kedua bank ini merupakan bank papan atas Malaysia.

Selain itu, BRI juga berhasil mengungguli bank-bank lain. Contohnya,  Bank Mandiri asal Indonesia dengan kapitalisasi saham sebesar 18,8 miliar dollar AS dan SCB dari Thailand dengan nilai kapitalisasi saham mereka sebesar 15,4 miliar dollar AS.

Tetapi, bukan berarti BRI berpuas diri akan pencapaian ini. Ali mengungkapkan ada bank-bank lainnya yang masih mengungguli BRI. Contohnya, DBS (Singapura) 32,2 miliar dollar AS, Maybank (Malaysia) 26,2 miliar dollar AS, OCBC (Singapura) 26,1 miliar dollar AS, UOB (Singapura) 26 miliar dollar AS, dan BCA (Indonesia) 22 miliar dollar AS. Artinya, BRI akan terus bekerja keras untuk mampu mencapai hasil lebih baik lagi.

ASEAN, BRI, perbankan, ekonomi, nilai kapitalisasi

BACA JUGA:

Pro dan Kontra Iuran OJK

Harga Emas Naik, Tanda Kebangkitan Komoditas Safe Haven?

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *