Teropong Bisnis | Homepage
Negeri Bollywood Memutuskan Menaikkan Suku Bunga Acuan

Negeri Bollywood Memutuskan Menaikkan Suku Bunga Acuan

0 Comments 🕔30.Jan 2014

Tahun lalu dapat dikatakan sebagai tahun kelam dunia perekonomian global. Banyak negara yang mengalami masalah, khususnya pada tingkat inflasi mereka.

Indonesia juga tidak lepas dari masalah tersebut. Bahkan, kondisi perekonomian Indonesia tahun lalu dapat dikatakan sangat buruk, dengan nilai tukar Rupiah yang berada di level terendah.

Bank Indonesia (BI), sebagai pihak yang berwenang dalam hal ini, berusaha mengatasi masalah ini dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkannya. Salah satunya adalah menaikkan suku bunga acuan.

BI menetapkan sejak Juli sampai November 2013 yang lalu, suku bunga acuan menjadi 7,5 persen atau 175 basis poin. Hal ini dilakukan untuk menarik lebih banyak investor untuk menanamkan uang mereka di pasar modal Indonesia.

Memang sudah ada dampak dan perbaikan yang terjadi. Tetapi, saat ini, kondisi perekonomian Indonesia belum pulih sepenuhnya.

Keputusan untuk menaikkan suku bunga acuan ini juga dilakukan oleh beberapa negara lain yang juga mengalami krisis tahun lalu. Setelah Bank Sentral Brazil juga menaikan suku bunga acuan, Bank Sentral India menyusul pada Januari ini.

Keputusan Bank Sentral India ini dilakukan untuk mengatasi kondisi volatil yang terjadi pada mata uang Rupee.

Menurut keputusan Gubernur Bank Sentral India, Raghuram Rajan, suku bunga acuan India dinaikkan menjadi 8 persen. Sebelumnya, suku bunga acuan India mencapai 7,75 persen.

india, ekonomi, bisnis, suku bunga, Bank Indonesia

Keputusan ini juga tampaknya didorong oleh perkataan Menteri Keuangan India Palaniappan Chidambaram 5 hari sebelumnya. Beliau mengatakan bahwa tugas utama bank sentral adalah untuk membantu pertumbuhan India.

Menurut Rajan, masalah yang timbul pada mata uang Rupee sebagian besar disebabkan oleh inflasi neraca perdagangan (CPI). Tingkat inflasi di sektor ini bahkan mendekati angka dua digit.

Untuk menurunkan inflasi ke level rendah dan stabil, maka dibutuhkan kebijakan seperti ini. Hal ini akan mendorong bergeraknya tingkat konsumsi dan investasi.

Selain India dan Brasil, negara-negara lain juga melakukan kebijakan ini. Mata uang Lira, Turki dan Rand, Afrika Selatan juga terpengaruh dampak masalah ekonomi global tahun lalu.

Bank Sentral India sendiri belum merencanakan penerapan kebijakan lain di masa mendatang. Mereka masih akan melihat perkembangan inflasi harga konsumer. Diharapkan, adanya kenaikan suku bunga acuan ini akan menurunkan tingkat inflasi sektor ini, yang sebelumnya 10 persen menjadi 8 persen, setidaknya pada Maret 2015.

Ekonom Nomura Holdings Inc Sonal Varma memprediksi bahwa laju tingkat suku bunga akan terus menanjak. Hal ini dikarenakan tidak adanya cooling off pada inflasi dan tetap berada di level yang cukup ketat, serta harga yang masih tinggi.

Penerapan kebijakan suku bunga acuan Bank Sentral India ini mempertimbangkan kebijakan Bank Sentral AS tentang pembatasan stimulus moneter. Hal ini juga dilakukan oleh BI.

india, ekonomi, bisnis, suku bunga, Bank Indonesia

BACA JUGA:

Kasus Uang Berstempel Prabowo Akan Segera Ditindak Oleh Bank Indonesia

Banjir Dan Bisnis Bukanlah Sahabat Baik

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *