Teropong Bisnis | Homepage
Negara Penguasa Bank Termahal Di ASEAN

Negara Penguasa Bank Termahal Di ASEAN

0 Comments 🕔20.Feb 2014

Dunia perbankan di dunia termasuk di Indonesia saat ini semakin memberikan berbagai pilihan bantuan keuangan yang akan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup dan bahkan meningkatkan kualitas kehidupan mereka masing-masing. Nah, tentu ada banyak nama bank yang bisa Anda temukan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Akan tetapi, ada beberapa bank yang sudah mempunyai nama besar dan rupanya sudah masuk ke ranah internasional juga. Indonesia sendiri mempunyai beberapa nama bank yang mempunyai nilai merk paling mahal. Dalam rilisan daftar 500 bank global ternama dengan nilai merek yang paling mahal, ada tujuh bank yang mewakili Indonesia dalam daftar tersebut.

Predikat bank termahal yang ada di Indonesia sendiri yang paling awal adalah PT Bank Mandiri Tbk dengan nilai merk yang diperkirakan mampu mencapai 1,65 dolar Amerika. Namun, jika ditilik dari penelitian lain dalam studi tahunan The Banker/Brand Finance 500 yang diselenggarakan oleh konsultan valuasi merek Brand Finance Plc secara keseluruhan dari tujuh bank ternama di Indonesia mencapai angka 5,08 miliar yang naik 6% dari tahun 2013 yang hanya mencapai 4,8 miliar dolar AS.

Tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan di dunia perbankan di kawasan rumpun Melayu akan semakin ketat apalagi dengan diresmikannya perjanjian perdagangan bebas untuk kawasan ASEAN 2015. Indonesia optimis mampu menarik minat pelaku bisnis perbankan di kawasan Asia karena pangsa pasar di Indonesia masih cukup besar. Meskipun demikian, Indonesia baru bisa menyumbangkan tujuh bank termahal yang sudah mampu memancing rasa penasaran dunia terhadap dunia perbankan di Indonesia.

perbankan, asean, bank termahal, bisnis, ekonomi

Indonesia masih mampu bersaing dengan seimbang melawan Malaysia yang mampu menyumbang tujuh nama bank yang mempunyai nilai merek termahal dalam daftar tersebut. Bank asal Malaysia yang menempati posisi puncak adalah CIMB karena mampu berada di posisi 93 dunia dengan nilai merek mencapai 2,04 miliar dolar Amerika Serikat. Jika dibandingkan dengan pemuncak bank termahal dari Indonesia yaitu Bank Mandiri yang hanya berada di posisi 111, tentu bisa disimpulkan bahwa Malaysia masih lebih baik.

Akan tetapi, bank-bank dari negara ASEAN yang mampu masuk ke dalam daftar tersebut tidak hanya berasal dari Indonesia dan Malaysia karena adapula Singapura yang masuk ke dalam daftar tersebut meskipun hanya menyumbang tiga nama bank dalam hasil kali ini. Bank yang berasal dari Filipina pun hanya mampu memasukkan tiga nama dalam daftar yang sama.

Mungkin Anda akan merasa takjub karena di kawasan Asia Tenggara, justru Thailand yang mampu menunjukkan taji dengan memasukkan delapan nama bank ke dalam daftar bank dengan nilai merek paling mahal di dunia. Thailand boleh saja memiliki banyak nama bank dalam daftar, tetapi valuasi merk dari bank-bank tersebut lebih rendah dibandingkan dengan negara tetangganya.

perbankan, asean, bank termahal, bisnis, ekonomi

BACA JUGA:

Harga Emas Naik, Tanda Kebangkitan Komoditas Safe Haven?

PT Dirgantara Indonesia Kembali Mengudara

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *