Teropong Bisnis | Homepage
Negara Indonesia Masih Aktif Import Buah-Buahan

Negara Indonesia Masih Aktif Import Buah-Buahan

0 Comments 🕔16.Aug 2013

Sampai sekarang, Negara Indonesia ternyata masih belum bisa lepas dari produk import. Hal ini jelas dikarenakan beberapa produk import tersebut memang sangat dibutuhkan. Contohnya adalah import buah-buahan yang mana bisanya digunakan bagi restoran tertentu untuk memasak makanan yang lezat bagi para pelanggan. Tentunya import juga tidak hanya terjadi pada produk buah-buahan saja namun juga terjadi pada produk elektornik dan juga batik. Bagaimana mungkin hal ini bisa terjadi? Ini menunjukan bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna dalam sebuah Negara, setiap Negara memerlukan hasil bumi dari Negara lain untuk digunakan dalam berbagai macam aktivitas pemenuhan kebutuhan.

Negara-Indonesia-Masih-Aktif-Import-Buah-Buahan-1

Import Kacang Almond dan Buah Naga

Dari hasil data yang dibuat oleh BPS atau Badan Pusat Statistik, saat ini buah-buahan yang masih laris diimpor adalah buah apel, buah pir, buah jeruk dan juga buah naga. Namun demikian, ada beberapa buah yang terkenal namanya dibawah ini yang juga masuk dalam buah impor RI. Pertama adalah Kacang Almond. Buah ini di import dengan harga 927 US Dollar untuk setiap 109 Ton. Buah ini terus dibeli selama bulan Juni 2013 hingga sekarang. Bahkan jika dikalkukasi ulang, total pembelian kacang almond ini selama bulan Januari hingga Juli 2013 mampu untuk menghasilkan pengeluaran sebesar 4,2 Juta US Dollar karena jumlah pembelian yang dilakukan adalah 601 Ton. Impor kacang almond ini dilakukan langsung dari Amerika menuju Indonesia.

Yang kedua adalah buah naga, buah yang satu ini juga sering diimpor di Indonesia karena kegunaannya yang sangat baik untuk membuat obat kesehatan alami. Disamping itu, mereka juga mencatat aktivitas import dari buah naga ini mulai dari bulan Januari hingga bulan Juni dengan total pembelian sebanyak 5.226 Ton dan membuat pengeluaran sebesar 5,2 Juta US Dollar. Import buah naga ini dilakukan langsung dari Vietnam dan volume yang dimiliki untuk setiap aktivitas importnya adalah 1.320 Ton atau setara dengan 1,4 Juta US Dollar. Malaysia juga menjadi salah satu Negara yang mengimpor buah naga ke Indonesia dengan volume 27 Ton atau 64 US Dollar.

Import Buah Kiwi dari Selandia Baru

Selain dua buah diatas, masih ada lagi buah yang juga diimport di Indonesia, yaitu buah kiwi. Tercatat dalam bulan Juni 2013 bahwa sebanyak 854 Ton pemesanan buah kiwi dilakukan dengan estimasi biaya sebesar 2,5 Juta US Dollar. Selanjutnya, akumulasi dari pembelian buah kiwi ini selama enam bulan ternyata mampu untuk mencapai angka pembelian sebanyak 2.124 Ton atau setara dengan 5,3 Juta US Dollar. Import buah kiwi ini hanya terjadi antara Indonesia dengan Selandia Baru. Meskipun sebelumnya ada beberapa Negara yang membantu Indonesia dalam memberikan buah kiwi ini, yaitu China, Amerika, dan juga Thailand.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *