Teropong Bisnis | Homepage
Muhammad Lutfi Gantikan Gita Wirjawan

Muhammad Lutfi Gantikan Gita Wirjawan

0 Comments 🕔13.Feb 2014

Setelah beberapa lama jabatan menteri perdagangan vakum, kini SBY telah menunjuk Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan RI yang baru. Muhammad Lutfi kini menggantikan Gita Wiryawan yang mundur dari kursi menteri perdagangan RI beberapa waktu yang lalu. Presiden SBY menunjuk mantan BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) ini untuk melaksanakan tugas baru yaitu tugas di bidang perdagangan. Presiden RI berharap Muhammad Lutfi dapat menjadikan perdagangan Indonesia menjadi pilar pertumbuhan ekonomi yang kuat. Penunjukan Muhammad Lutfi sebagai menteri perdagangan yang baru bukanlah tanpa alasan. Muhammad Lutfi dinilai telah memenuhi uji kelayakan dan kepatutan beberapa hari yang lalu.

Presiden yang pada saat jumpa pers pada hari ini didampingi oleh wakil presiden, Boediono, dan mantan Mendag, Gita Wiryawan, mengatakan bahwa mantan duta besar Indonesia untuk Jepang ini dinilai sangat layak untuk menggantikan posisi Gita sebagai Mendag. Beliau juga menambahkan bahwa Lutfi adalah figur yang berpengalaman di bidang pemerintahan dan juga di bidang perekonomian lokal dan global. Lutfi bukanlah orang baru di pemerintahan SBY. Sebelumnya lutfi pernah menjabat sebagai ketua BKPM yang sangat mendukung program investasi di Indonesia.

muhammad lutfi, gita wirjawan, menteri perdagangan, kementrian indonesia

Kontribusi lainnya dari seorang Muhammad Lutfi adalah semakin baiknya hubungan kerjasama bilateral antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Jepang selama ia menjabat sebagai duta besar Indonesia di Jepang. Jepang sendiri merupakan salah satu mitra strategis Indonesia, baik di bidang perdagangan maupun investasi. Sebelum menjabat sebagai ketua BKPM dan dubes RI untuk Jepang, Muhammad Lutfi pernah menjabat sebagai Hipmi (Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia). Lutfi, biasa ia disapa, adalah lulusan sebuah universitas di  Amerika Serikat yaitu Purdue University. Program studi pilihannya selama kuliah di universitas tersebut adalah program studi ekonomi. Pada tahun 1992. Selama  berkuliah di Purdue Unoversity, di saat yang bersamaan ia juga kuliah di New York University dengan program studi Finance for Nonfinancial Managers. Kedua studi tersebut ia rampungkan di tahun 1992.

Rencananya Muhammad Lutfi akan dilantik secara resmi oleh Presiden SBY pada hari Jumat tanggal 14 Februari 2014 mendatang. Meski baru akan dilantik Jumat nanti, Gita diizinkan oleh Presiden SBY untuk serah-terima  tugas kepada Lutfi. Seperti yang sudah diketahui, Gita Wiryawan mengundurkan diri sebagai Menteri Perdagangan karena ia ingin fokus pada Konvensi Capres Partai Demokrat. Gita menekankan bahwa dirinya tidak ingin memiliki konflik kepentingan selama mengikuti konvensi, Jadi ia harus mananggalkan jabatannya sebagai seorang menteri.

Mundurnya Gita Wiryawan ternyata menuai tanggapan yang kurang sedap dari publik. Pasalnya tak lama sebelum Gita mengundurkan diri, muncul masalah baru yang melibatkan pihak kementerian perdagangan. Masalah yang dimaksud adalah masalah bocornya beras import asal Vietnam yang hingga kini masih terus diberitakan. Mundurnya Gita dinilai kurang tepat dan kurang bijaksana karena seharusnya masalah bocornya beras import dari Vietnam ini masih menjadi tanggung jawab dan PR untuk kementerian perdagangan.

muhammad lutfi, gita wirjawan, menteri perdagangan, kementrian indonesia

BACA JUGA:

Prediksi Kinerja Janet Yellen Sebagai Gubernur The Fed

Karen Agustiawan, Srikandi Indonesia Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *