Teropong Bisnis | Homepage
Merpati Airlines Diambang Keterpurukan

Merpati Airlines Diambang Keterpurukan

0 Comments 🕔01.Feb 2014

PT Merpati Nusantara Airlines atau biasa disingkat dengan MNA memang saat ini kondisinya sedang banyak dililit hutang. Belum lagi masalah internal yang harus dihadapi oleh perusahaan penerbangan ini. Para karyawan PT Merpati Nusantara Airlines hingga kini belum mendapatkan gaji. Hanya satu harapan Merpati saat ini agar perusahaan tersebut kembali mengudara, yaitu mendapatkan dana  Kerjasama Operasional (KSO). Asep Ekanugraha selaku Direktur Utama Merpati mengakui bahwa ia juga mengalami nasib yang sama dengan para pegawai lainnya. Ia dan para pegawai Merpati lainnya belum mendapatkan hak mereka dari dua bulan bekerja. Hal ini disebabkan karena Merpati masih menunggu selesainya prosedur Kerja Sama Operasional (KSO) yang kini ditangani oleh Kementerian Keuangan.

Eka juga menuturkan bahwa ia sangat yakin gaji akan segera dibayarkan akan tetapi perlu menunggu proses yang kini sedang dijalankan. Pihaknya memiliki surat edarannya. Eka menyampaikan kabar ini langsung dari Kantor Pusat Pegadaian di Jakarta pada hari Kamis 30 Januari 2014 kemarin. Pada saat menjelaskan ke teman-teman wartawan, Eka mengatakan bahwa memang benar perusahaanya kini sedang terlilit kasus hutang sebesar 7 triliun rupiah. Hutang inilah yang kemudian menjadi sumber atau penyebab kacaunya manejemen PT Merpati Nusantara Airlines khususnya manejemen keuangannya. Salah satu dampak dari adanya kasus hutang ini adalah tidak dibayarkannya gaji para pegawai termasuk dirinya.

Kini PT Merpati Nusantara Airlines terlihat sedang menjalankan business-plan-nya yaitu dengan menjalin kerjasama dengan dua buah perusahaan non-BUMN dari Indonesia. Namun sayangnya sang direktur belum bisa memastikan kapan tepatnya manejemen PT Merpati Nusantara Airlines akan kembali normal dan segera membayarkan kewajibannya pada para pegawainya. Ia hanya bisa menyampaikan kalimat analogi pada teman-teman wartawan yang isi kalimatnya kurang lebih seperti ini, “ jika Merpati ingin sehat, harus minum jamu yang rasanya pahit.”

merpati airlines, ekonomi, bisnis, perusahaan,

Pihak pemerintah akan segera menutup Merpati jika business-plan Merpati tak kunjung juga dilaksanakan. Pihak  pemerintah juga akan mengecek business-plan yang dibuat oleh Merpati. Sedang pihak pemerintah yang menangani kasus Merpati harus menunggu terlebih dahulu laporan dari Kementerian BUMN. Hatta Rajasa selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan pada teman-teman wartawan bahwa Merpati masih mempunyai masalah-masalah yang belum terjawab. Salah satunya adalah dengan siapa Merpati akan bekerja sama. Contoh masalah lainnya yaitu masih adanya konflik soal rute Merpati yang hingga kini masih belum jelas.

Rajasa mengatakan bahwa jika business-plan yang diajukan PT Merpati Nusantara Airlines cukup bagus maka pemerintah akan memberi peluang. Namun jika business-plan-nya tidak masuk akal, maka kemungkinan besar Merpati akan ditutup. Rajasa selalu mengikuti perkembangan perusahaan maskapai penerbangan yang berpelat merah ini. Rajasa mengetahui betul masalah-masalah intern Merpati seperti masalah gaji karyawan yang belum dibayarkan hingga kini.

merpati airlines, ekonomi, bisnis, perusahaan,

BACA JUGA:

Kado Spesial Facebook Bagi Invesor Di Hari Jadi Yang Ke-10

Kasus Uang Berstempel Prabowo Akan Segera Ditindak Oleh Bank Indonesia

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *