Teropong Bisnis | Homepage
Menuju Sukses dengan Reksa Dana

Menuju Sukses dengan Reksa Dana

0 Comments 🕔07.Aug 2013

Menuju-Sukses-dengan-Reksa-Dana-1

Pengertian Reksa Dana

Memang istilah-istilah seperti saham dan reksa dana itu kadang begitu mengintimidasi para pengusaha baru. Belum lagi, jika kita datang ke instansi financial seperti layaknya sebuah bank, walaupun niat hati ingin mencoba memahami, tapi seringnya penjelasan para petugas malah menambah bingung. Para petugas bank memang kerap kali menggunakan bahasa yang rumit untuk menjelaskan, mungkin karena mereka terbiasa menggunakan istilah.

Maka dari itu, mari kita coba menjelaskan pengertian dari reksa dana sendiri dengan menggunakan bahasa yang lebih sederhana supaya orang awampun bisa lebih memahaminya. Misalkan Anda punya sedikit uang yang rencananya ingin Anda investasikan, maka tabunglah uang tersebut di reksa dana. Reksa dana itu sebenarnya adalah kumpulan uang milik masyarakat seperti Anda.

Dana yang terkumpul itu kemudian akan diinvestasikan ke suatu usaha dan hasilnya bisa dinikmati bersama-sama oleh semua pemilik modal. Cara ini pastinya akan memberikan Anda fleksibilitas lebih. Anda tidak perlu punya modal besar untuk bisa usaha karena reksa dana adalah kumpulan modal dari banyak orang.

Kumpulan modal ini kemudian akan diatur oleh seorang yang memiliki posisi sebagai manajer investasi. Ia akan melakukan berbagai usaha untuk membangun investasi tersebut sehingga para pemberi investasi akan mendapatkan keuntungan.

Fakta Reksa Dana

Reksa dana itu sebenarnya bukan barang baru di dunia investasi. Massachusets adalah Negara bagian Amerika Serikat yang pertama kali mengadopsi sistem pengumpulan dana ini pada tahun 1924. Ini berarti bahwa reksa dana sebenarnya sudah ada selama hampir satu abad. Maka dari itu kita yang memahami reksa dana baru beberapa tahun belakangan memang sepertinya agak ketinggalan.

Reksa dana sendiri mulai diatur oleh pemerintah baru 18 tahun yang lalu atau tepatnya di tahun 1995 lewat Undang-undang Pasar Modal Di dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa di Indonesia hanya boleh ada dua macam reksa dana, yaitu Reksa dana Perseroan Terbatas dan Reksa dana Kontrak Investasi Kolektif. Mungkin baru di tahun itulah pemerintah merasa pentingnya untuk mengatur reksa dana dan pasar modal.

Reksa Dana Perseroan atau PT. Reksa Dana sebenarnya dari segi pandang hukum tidak memiliki perbedaan dengan perusahaan pada umumnya karena sama-sama berbentuk PT. Namun demikian, keduanya tetap memiliki perbedaan. Perbedaan pertama adalah perbedaan jenis usaha yang ditekuni keduanya. PT. Reksa Dana memiliki jenis usaha pengelolaan terhadap investasi para penggunanya.

Jenis kedua adalah kontrak investasi kolektif. Kontrak semacam ini biasanya dibuat oleh manajer investasi yang akan mengelolakan uang dan juga bank yang akan mengikat para investor. Bank disini biasanya disebut sebagai bank kustodian. Dalam kontrak tersebut, si manajer investasi akan diberikan wewenang untuk mengelola portfolio efeknya sedangkan si bank kustodian akan diberikan wewenang untuk administrasial investasi serta menjadi tempat penitipan.

Menuju-Sukses-dengan-Reksa-Dana-2

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *