Teropong Bisnis | Homepage
Menjelang Bulan Puasa, Harga Barang Kebutuhan Pokok Naik

Menjelang Bulan Puasa, Harga Barang Kebutuhan Pokok Naik

0 Comments 🕔02.Jul 2013

Menjelang-Bulan-Puasa-Harga-Barang-Kebutuhan-Pokok-Naik-3

Harga bahan pangan menjelang awal puasa sudah mulai mengalami kenaikan. Kenaikan harga pangan ini terjadi secara bertahap dan telah dimulai sejak hari minggu kemarin. Bahan pangan yang meningkat adalah bahan pangan utama yang banyak dicari oleh para pembeli, antara lain adalah daging sapi, ayam, bawang merah, cabai, dan beberapa jenis rempah-rempah lainnya. Kenaikan ini juga terjadi karena ada alasanya. Banyak penjual yang mengeluhkan adanya kenaikan harga bibit ayam saat ini. Ditambah lagi biaya transportasi juga meningkat seiring dengan naiknya harga BBM. Ulah para spekulan juga menjadi faktor penyebab kenaikan harga pangan ini. Akibatnya para penjual dengan terpaksa harus menjual bahan pangan tersebut dengan harga yang mahal. Ini adalah langkah yang mereka lakukan supaya bisa memperoleh keuntungan karena pengeluaran yang dikeluarkan nantinya juga banyak.

Harga Cabai Rawit dan Bawang Merah Meningkat

Di kota Bandung saja harga sayur, daging dan barang kebutuhan pokok lainnya secara terus menerus mengalami peningkatan. Ini merupakan hasil analisis dari Pasar Induk Caringan, Pasar Baru dan pasar-pasar lainnya yang ada di Jawa Barat. Jumlah kenaikan yang paling signifkan terjadi pada komoditas bawang merah dan harga cabai. Lani Herlani, salah satu pedagang kebutuhan pokok yang ada di pasar baru, mengatakan bahwa Cabai Rawit sekarang harganya naik menjadi 55.000 Rupiah untuk satu per kg. Kenaikan ini menurut Lani terjadi sejak hari jumat lalu. Padahal waktu itu harga per kg untuk Cabai Rawit masih 45.000 Rupiah. Kenaikan tersebut tentu saja membuat banyak pembeli harus merogoh kocek mereka lebih dalam lagi untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Menjelang-Bulan-Puasa-Harga-Barang-Kebutuhan-Pokok-Naik-4

Harga Bawang Putih Stabil

Lani juga memberikan tambahan bahwa kenaikan bawang merah juga terjadi. Harga bawang merah kini berada di kisaran 40.000 untuk satu kilogram. Padahal pekan lalu saja harga bawang tidaklah semahal itu. Harga bawang masih dalam angka 24.000 per kg di pekan lalu. Ini menunjukan bahwa harga bawang telah mengalami kenaikan dengan jumlah 16.000 rupiah. Untung saja harga bawang putih saat ini masih stabil di angka 20.000 untuk satu kilogramnya. Sejumlah pedagang di Pasar Induk Caringan juga memutuskan untuk memasang harga naik merangkak mulai dari kamis pekan lalu.

Salah satu pedagang yang ada di Pasar Caringan, Cucun, mengatakan bahwa dirinya memperoleh pasokan bawang dari daerah yang sedikit, yakni Brebes. Jadi harganya pun menjadi mahal. Beda kalau bawang sumenep. Menurut dia bawang goreng yang biasa dibuat harganya masih 27.000 untuk satu kilogramnya. Pedagang pasar lainnya, Siti aisyah, dari Pasar Ciroyom, menuturkan pula bahwa harga daging ayam tengah mengalami kenaikan menjadi 32.000 untuk per kg. Kenaikan ini menurut dia sudah terjadi sejak tanggal 15 Juni lalu. Bahkan naiknya terus meningkat drastis yakni mulai dari 500 hingga 1000 rupiah untuk satu harinya.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *