Teropong Bisnis | Homepage
Menanti Lahirnya Uang Rupiah Baru

Menanti Lahirnya Uang Rupiah Baru

0 Comments 🕔13.Aug 2014

Uang menjadi salah satu penemuan terbesar yang pernah ada. Dengan uang, transaksi antar manusia dan penentuan nilai suatu barang dapat berjalan lebih mudah. Uang juga menjadi salah satu identitas suatu negara. Dan, semua pasti tahu, bila Rupiah adalah mata uang Indonesia.

Ada kabar terbaru dari Rupiah kita tercinta. Pada tanggal 18 Agustus 2014 atau hari Senin yang akan datang, Rupiah akan memiliki wajah baru. Hal ini seiring diumumkannya rencana peluncuran desain baru untuk mata uang negara Indonesia ini pada Senin mendatang.

Berita mengenai peluncuran desain uang Rupiah baru ini juga disampaikan oleh Pieter Yakobs, Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI). Menurut beliau, peluncuran uang Rupiah dengan desain baru ini juga ditujukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-69 pada 17 Agustus 2014.

Untuk detail desain, bentuk, pecahan dan ciri khas dari Rupiah yang baru ini belum dapat disampaikan. Tetapi, Pieter mengungkapkan bahwa uang ini akan menjadi alat transaksi yang sah di Indonesia.

Pieter mengatakan bahwa pengumuman mengenai detail desain dan lainnya mengenai uang Rupiah yang baru ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 atau 15 Agustus. Bank Indonesia akan mengeluarkan keterangan pers yang akan menjelaskan semua hal yang berkaitan dengan desain baru Rupiah ini.

BI juga sempat memberikan keterangan mengenai pencetakan puluhan juta lembar uang Rupiah yang baru ini. Uang Rupiah yang baru ini nantinya akan dinamakan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Menurut Ronald Waas, Deputi Gubernur BI, saat ini pihaknya sudah selesai melakukan persiapan untuk penerbitan uang Rupiah baru ini. Sekarang, pihaknya sedang melakukan proses pencetakan.

Proses pencetakan uang Rupiah baru ini sebenarnya sudah berlangsung cukup lama. Menurut Ronald, hal ini wajar, karena jumlah yang dicetak sangat banyak, bahkan mencapai puluhan juta lembar. Proses pencetakannya juga tidak dilakukan secara langsung, namun bertahap.

Ronald mengungkapkan BI telah mempersiapkan semuanya dengan matang, baik untuk desain maupun proses distribusi uang NKRI ini. Tetapi, keterangan detail masih belum dapat disampaikan. Ronald mengungkapkan, diperlukan PBI untuk proses penerbitan ini. Jadi, PBI inilah yang akan BI gunakan untuk menyusun detail dari uang NKRI ini.

Penerbitan uang Rupiah baru ini sesuai dengan amanat yang UU tahun 2011. UU yang dimaksud adalah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 mengenai Mata Uang.

Undang-undang juga mengatur tentang beberapa hal yang harus dicantumkan dalam uang Rupiah baru yang akan diluncurkan nanti. Contohnya, uang yang baru ini harus ada lambang negara Garuda Pancasila. Kata-kata Negara Kesatuan Republik Indonesia juga harus tercantum didalamnya. Dan, yag terakhir adalah tanda tangan dari pejabat pemerintah yang berwenang, yaitu Menteri Keuangan dan Bank Indonesia.

3.Menanti Lahirnya Uang Rupiah Baru 2

Baca Juga :

Prediksi Jebloknya Nilai Rupiah Pasca Terpilihnya Presiden Baru

Ambisi Capres Membuat Nilai Tukar Rupiah Semakin Terpuruk

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *