Teropong Bisnis | Homepage
Membaiknya Industri Kopi di Indonesia

Membaiknya Industri Kopi di Indonesia

0 Comments 🕔26.Jun 2013

Membaiknya-Industri-Kopi-di-Indonesia-2

Kopi merupakan minuman yang banyak orang suka. Selain hangat, banyak orang juga merasakan khasiat yang mereka dapatkan saat mereka minum minuman yang dibuat dari tanaman khas tropis ini, yang dapat membantu kegiatan mereka sehari-hari. Mungkin, beberapa dari kita tidak dapat memulai hari tanpa meminum kopi. Hal ini juga tampak pada keadaan industri kopi di Indonesia saat ini.

Keadaan Industri Kopi di Indonesia

Keadaan industri kopi di Indonesia yang semakin membaik disampaikan oleh Menteri Perindustrian Mohammad Suleman Hidayat. Beliau mengungkapkan fakta dan kondisi industri kopi di Indonesia pada Seminar dan Pameran Kopi Nusantara 2013 yang diadakan pada hari Selasa tanggal 25 Juni 2013 di Plasa Pameran Kementrian Perindustrian, Jakarta. Hal ini tampak pada jumlah impor kopi di Indonesia. Pada tahun 2011, jumlah impor kopi sebesar US$78 juta. Sedangkan tahun berikutnya, impor kopi turun menjadi US$63,2 juta. Jadi, bisa dikatakan, produksi kopi di Indonesia sangat meningkat dan menyebabkan jumlah impor kopi turun sebesar 19,01 persen. Bagaimana dengan jumlah ekspor kopi dari Indonesia? Kondisi ini juga bisa dikatakan sangat menggembirakan. Jumlah ekspor kopi dari Indonesia naik lumayan tajam. Pada tahun 2011, jumlah ekspor kopi dari Indonesia menembus angka US$ 268,6 juta dan pada tahun 2012, jumlah ini naik menjadi US$315,5 juta. Artinya, kenaikan sebesar 17,49 persen ini menggambarkan bahwa industri kopi di Indonesia menuju ke arah yang lebih baik. Mengapa?

Membaiknya-Industri-Kopi-di-Indonesia-3

Penyebab Naiknya Industri Kopi di Indonesia

Ada banyak penyebab yang bisa dikaitkan dengan membaiknya industri kopi di Indonesia. Masih menurut Menteri Perindustrian Mohammad Suleman Hidayat, salah satu penyebab utama hal ini terjadi adalah karena perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia. Masyarakat golongan menengah terus berkembang dan gaya hidup yang menganggap bahwa kopi adalah minuman wajib juga meningkat. Hal ini juga yang menyebabkan meningkatnya jumlah konsumsi kopi di Indonesia. Masih menurut Menteri Perindustrian, pertumbuhan konsumsi kopi sebesar 7,5 persen tiap tahun. Oleh karena kondisi yang sangat membaik ini, maka ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh kita semua untuk membuat kondisi ini tetap terjaga dan akan berkembang. Saat ini, telah dilakukan usaha untuk mengembangkan jenis-jenis kopi yang bisa ditanam dan dimasukkan dalam industri kopi di Indonesia. Hal ini akan sangat membantu memenuhi gaya hidup minum kopi yang sedang naik dan trend di kalangan masyarakat Indonesia saat ini. Selain itu, pameran yang diadakan di Plasa Pameran Kementrian Perindustrian, Jakarta juga sangat penting sebagai faktor pendorong tumbuhnya perindustrian kopi di Indonesia. Selain itu, Menteri Perindustrian juga mengatakan tujuan diadakan pameran ini juga agar tercipta kopi khas dari Indonesia. Hal ini tentu akan sangat baik tidak hanya untuk industri kopi, tetapi juga perekonomian Indonesia.

Membaiknya-Industri-Kopi-di-Indonesia-5

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *