Teropong Bisnis | Homepage
Memahami Resiko dan Peluang  Bisnis Investasi

Memahami Resiko dan Peluang Bisnis Investasi

0 Comments 🕔08.Mar 2013

Dalam perkembangannya; ada berbagai macam bisnis yang dapat diterjuni oleh seseorang. Namun setiap bidang atau macam bisnis akan selalu memiliki resiko dan juga peluang; memahami resiko dan peluang serta membangun kemampuan untuk mengelola kedua faktor tersebut akan menjadi salah satu landasan bagi kesuksesan suatu kegiatan bisnis. Adapun pada bisnis investasi juga berlaku kondisi serupa dimana setiap orang yang ingin terjun di bisnis ini harus mempunyai kemampuan menganalisa resiko dan peluang serta mengambil keputusan yang tepat agar mendapatkan hasil positif dari sebuah tindakan bisnis di bidang investasi.

Memilih Bisnis di Bidang Investasi

Ada beberapa hal mendasar yang harus dipahami oleh setiap orang yang ingin berkecimpung dalam bisnis di bidang investasi. Ada beberapa macam bisnis investasi yang lazim ditemui; investasi berupa saham merupakan salah satu yang paling umum dan lazim. Berinvestasi dan berbisnis dengan saham dapat dapat menjanjikan keuntungan yang besar; namun juga butuh landasan pengetahuan, ketrampilan dan juga insting yang tepat dalam pengambilan keputusan bisnis. Selain saham ada beberapa tipe bisnis lain di bidang investasi seperti properti dan obligasi.

Kekuatan modal merupakan faktor utama saat seseorang berkeinginan untuk berbisnis di bidang investasi. Banyaknya modal yang dimiliki secara tidak langsung akan mempengaruhi pilihan bidang investasi yang dapat dicukupi oleh modal yang ada. Dengan modal yang kecil; reksa dana merupakan pilihan paling rasional. Investasi obligasi dan saham membutuhkan dana yang lebih besar dengan nilai modal minimal sekitar 5 juta untuk investasi obligasi dan 10 juta rupiah untuk investasi berupa saham. Memahami resiko dari pilihan bisnis investasi juga merupakan hal yang sangat penting; ada beberapa saham lapis ketiga yang mudah namun seringkali sangat beresiko dengan penurunan nilai saham.

Dasar – dasar Berbisnis di Bidang Investasi

Berbisnis di bidang investasi memerlukan beberapa pikiran dan perencanaan mendasar yang akan berimbas pada pilihan bisnis investasi apa yang cocok dengan tujuan dan perencanaan berbisnis di bidang ini. Unutk investasi jangka panjang sebagai tabungan di masa depan maka reksa dana dan saham dapat menjadi pilihan. Sedangkan untuk investasi jangka pendek dengan durasi beberapa tahun saja maka obligasi atau reksa dana dapat dijadikan pilihan investasi karena resiko yang rendah.

Resiko dan hasil seringkali datang dalam satu paket dalam bisnis di bidang investasi karena kebanyakan investasi dengan resiko tinggi juga akan memberikan peluang mendapatkan keuntungan yang tinggi. Ada tiga pilar utama bisnis investasi yang harus dipahami dan menjadi pertimbangan utama; yaitu pertumbuhan investasi, hasil dan resiko. Tiap – tiap orang akan memahami dan memiliki nilai pertimbangan yang berbeda – beda berdasar tiga hal tersebut. Kemampuan mengkalkulasi dan bertoleransi terhadap resiko investasi akan sangat mempengaruhi hasil yang akan diperoleh.

(berbagai sumber)

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *