Teropong Bisnis | Homepage
Kurs Dollar Meningkat Memberikan Pengaruh Bagi Mata Uang Lainnya

Kurs Dollar Meningkat Memberikan Pengaruh Bagi Mata Uang Lainnya

0 Comments 🕔17.Jul 2013

Kini kurs dollar sekali lagi mendapatkan kekuatannya kembali. Dikarenakan jumlah angka ritel Amerika Serikat yang cukup mengecewakan, Kurs Dollar pun meningkat secara drastis. Peningkatan ini tentu saja membuat beberapa mata uang lain menjadi merosot, salah satunya adalah mata uang Euro yang merosot di angka 1,3064 Dollar. Jangka waktu perubahan tersebut juga sangat dekat tentunya. Bahkan ini juga menjadikan mata uang dollar menjadi semakin menguat terhadap mata uang Yen Jepang. Sebelumnya, kurs dollar terhadap mata uang Negara Jepang adalah 99,29 Yen, namun selanjutnya mengalami peningkatan dengan jumlah 99,82 Yen. Pertambahan nilai ini, meskipun tidak terlalu banyak, tetap saja memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi di negeri sakura tersebut.

Kurs-Dollar-Meningkat-Memberikan-Pengaruh-Bagi-Mata-Uang-Lainnya-2

Euro Mengalami Peningkatan Terhadap Yen

Euro pun lagi-lagi mengalami penaikan terhadap mata uang Yen. Terakhir pada hari jumat, nilai tukar Euro terhadap Yen adalah 129,73 Yen, namun saat ini nilainya sudah mencapai angka 130,41 Yen. Pemerintah jepang mengemukakan bahwa kenaikan tersebut tentu saja juga berpengaruh pada kurs mata uang lainnya. Naik turunnya kurs mata uang dollar terhadap mata uang lain tentu saja menjadi sebuah hal yang sudah lumrah terjadi. Jika angka dollar naik, sebaiknya para pengusaha dan pebisinis siap untuk melakukan langkah antisipasi, sementara jika nilainya turun, maka mereka harus mampu untuk memanfaatkannya.

Penyebab Kurs Dollar Naik

Poundsterling Inggris pun pada akhirnya juga mengalami peningkatan yang signifikan pula. Peningkatan tersebut diketahui usai terjadi penguatan moderat terhadap mata uang Franc Swiss. Departemen Perdagangan memberikan laporan  bahwa nilai penjualan ritel yang ada di Amerika Serikat pada bulan Juni kemarin naik dengan jumlah 0,4%, sementara itu, saat ini kenaikannya telah mencapai angka 0,7%. Padahal ini belum termasuk angka penjualan di sektor lainnya, seperti sektor kendaraan bermotor dan juga sektor penjualan suku cadang kendaraan tersebut. Sampai saat ini penjualan ritel Amerika terdata masih belum stabil, sehingga menjadikan mata uang Dollar naik turun tanpa bisa dikendalikan. Namun demikian, Direktur BK Asset Management, Kathy Lien, mengatakan bahwa kenaikan yang terjadi di lapangan tersebut agaknya tidak menjadikan kerugian bagi para konsumen. Hal ini terlihat dari daya beli konsumen yang masih stabil meskipun angka penjualan produk naik beberapa persen saja.

Oleh karena itu, Kathy Lien berharap agar pemulihan terhadap penjualan ritel segera bisa diselesaikan agar Kurs Dollar bisa segera stabil lagi. Beliau juga memberi masukan pada Federal Reverse untuk berhati-hati terhadap banyaknya stimulus yang dikeluarkan oleh para Pebisnis di Amerika Serikat saat ini. Hal ini jelas dikarenakan tahun ini angka stimulus yang sudah keluar telah terdata dalam jumlah yang sangat banyak, terutama di bulan Juli. Lien juga berharap The Fed bisa mengurangi program pembelian terhadap obligasi yang mereka lakukan.

Kurs-Dollar-Meningkat-Memberikan-Pengaruh-Bagi-Mata-Uang-Lainnya-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *