Teropong Bisnis | Homepage
Krisis Di Argentina Akan Melanda Indonesia?

Krisis Di Argentina Akan Melanda Indonesia?

0 Comments 🕔09.Aug 2014

Beberapa pekan yang lalu, bursa saham AS diguncang dengan masalah banyaknya aksi jual para investor. Salah satu penyebab masalah tersebut adalah adanya krisis di Argentina. Argentina mengalami default atau mereka tidak dapat membayar utang luar negeri mereka.

Adanya krisis di negara berkembang seperti Argentina ini, juga membawa kekhawatiran pada banyak pihak di Indonesia. Akankah Indonesia mengalami krisis yang serupa?

Pengusaha Indonesia mengatakan sebaliknya. Mereka beranggapan, krisis di Argentina terjadi karena Pemerintah Argentina tidak dapat mengendalikan utang luar negeri mereka. Mereka terlalu mudah dan bebas untuk meminjam dana ke luar negeri yang mengakibatkan masalah tersebut.

Hal ini juga disampaikan oleh Suryo Bambang Sulisto, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Dia mengatakan Indonesia tidak sama dengan Argentina. Pemerintah Indonesia selalu melakukan kontrol yang sangat ketat dan berhati-hati untuk peminjaman dana dari luar negeri.

Menurut Suryo, krisis di Argentina terjadi karena Pemerintah Argentina terlalu membebaskan pengusaha untuk hal utang luar negeri. Di Indonesia tidak seperti itu, seperti Pemerintah Daerah tidak diperbolehkan untuk mengeluarkan bond, meminjam ke luar negeri dan lainnya. Aturan ini membuat proses peminjaman luar negeri Indonesia lebih terkontrol.

Suryo juga mengungkapkan, salah satu penyebab krisis di Argentina adalah ketidakstabilan kondisi ekonomi mereka. Yang paling tampak adalah fundamental ekonomi Argentina yang tidak begitu baik. Karena hal ini, mereka tidak mempunyai kemampuan untuk membayar utang luar negeri mereka.

Indonesia memiliki ekonomi yang sangat stabil. Salah satu contohnya adalah rasio utang luar negeri terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang cukup rendah. Hal ini menyediakan ruang yang cukup besar untuk melakukan pinjaman ke luar negeri. Semua ini karena Indonesia saat ini lebih bijak dalam mengatasi masalah ekonomi dalam negeri.

Bagaimana dengan investasi asing? Banyak orang berpikir bahwa ketergantungan Indonesia terhadap hal ini akan membawa masalah layaknya di Argentina.

Menurut Suryo, investasi asing tidak akan membawa dampak buruk. Saat para investor asing tersebut menanamkan modal mereka, yang menilai mereka adalah bank dari negara mereka sendiri. Jadi, bila mereka bangkrut, yang merugi adalah mereka sendiri. Indonesia tidak akan terkena dampak dari hal ini.

Meskipun begitu, Suryo mengingatkan agar Indonesia juga berhati-hati untuk masa mendatang. Diperlukan langkah konkret untuk mempertahankan kestabilan ekonomi saat ini, dan juga meningkatkannya. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah meningkatkan ekspor.

Ada beberapa sektor yang sangat bergantung pada produk impor saat ini. Hal in perlu diperbaiki dengan melakukan subtitusi impor dan produksi mandiri. Dengan demikian, Indonesia akan mampu meningkatkan ekspor dan membentuk ekonomi yang tangguh. Dan yang terpenting, Indonesia tidak akan mengalami masalah seperti krisis di Argentina yang terjadi saat ini.

3.Krisis Di Argentina Akan Melanda Indonesia 2

Baca Juga :

Posisi Indeks Harga Saham Gabungan Setelah Jokowi Terpilih Menjadi Presiden

Bursa Asia Menguat Tipis Menjelang Pengumuman The Fed

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *