Teropong Bisnis | Homepage
Kontribusi Pariwisata di Bali Bagi Pendapatan Nasional

Kontribusi Pariwisata di Bali Bagi Pendapatan Nasional

0 Comments 🕔13.Jun 2013

Pariwisata menjadi salah satu sumber pendapatan yang penting bagi negara kita. Terdapat berbagai tujuan wisata yang telah menjadi ikon pariwisata Indonesia di mata dunia internasional. Bali merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang menjadi favorit wisatawan dari mancanegara. Keindahan alam dan kekayaan budaya dari Pulau Bali serta keramahan warganya menjadikan pulau ini sangat dikenal sebagai tempat tujuan wisata.

Tingginya angka kunjungan wisata ke Bali menyebabkan bali menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar dari sektor pariwisata, mengalahkan berbagai daerah tujuan wisata lain di Indonesia. Salah satu indikator tingginya angka kunjungan wisata serta kontribusi Bali sebagai penyumbang pemasukan bagi negara adalah penerimaan pendapatan dari visa on arrival yang dikumpulkan dari Bali.

Penerimaan Visa Kunjungan di Bali Pada Triwulan Pertama 2013

Meskipun terjadi penurunan kurang lebih 9,7 persen dibandingkan dengan penerimaan pendapatan dari visa kunjungan atau visa on arrival di Bali pada tahun lalu, tahun ini Bali telah menyumbang pendapatan sebesar 13 juta dolar Amerika dari pendapatan visa on arrival yang didapat dari para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali. Hal ini menunjukkan bahwa Bali masih menjadi primadona tujuan wisata di Indonesia sehingga menjadi tujuan kedatangan kebanyakan wisatawan mancanegara ketika mengunjungi Indonesia. Dalam laporan yang dikeluarkan oleh Dwi Pranoto selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Denpasar tersebut, penurunan pendapatan dari pembayaran visa on arrival di Bali juga dipengaruhi oleh penurunan jumlah dan pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali di triwulan pertama tahun 2013 ini dengan penurunan jumlah menjadi 720.114 orang wisatawan.

Kontribusi Pariwisata di Bali Bagi Pendapatan Nasional

Wisatawan dari Australia memiliki jumlah tertinggi dengan kontribusi sebanyak 25 persen dari total kunjungan wisatawan mancanegara di Bali pada periode tiga bulan pertama di tahun 2013 ini. Wisatawan dari Cina menduduki peringkat kedua dengan jumlah 14 persen. Wisatawan dari negara lain seperti Jepang, Malaysia serta Korea Selatan menempati urutan berikutnya. Penurunan jumlah serta perlambatan jumlah kunjungan wisatawan asing di Bali ditengarai sebagai efek dari pembangungan infrastruktur terkait dengan kepariwisataan dan akomodasi di berbagai lokasi di Bali. Selain itu juga terjadi peningkatan polusi dan ketidaknyamanan di jalan terkait seringnya terjadi kemacetan lalu lintas.

Kontribusi Bali Pada Pendapatan Pariwisata Nasional

Bali memberikan kontribusi kurang lebih sebesar 40 triliun rupiah atau sekitar 40 persen dari total pendapatan pariwisata nasional. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Bali Tourism Board, Bagus Sudibya yang menyebutkan bahwa besaran pendapatan tersebut diperoleh dari kalkulasi pendapatan jasa penerbangan, agen perjalanan, serta pendapatan hotel dan restoran di Bali.

Dari sumbangan sebesar 40 triliun rupiah tersebut, Bali mendapat hak sebesar 400 miliar rupiah yang akan digunakan untuk biaya pengembangan destinasi wisata serta pembangunan infrastruktur terkait dengan layanan pariwisata di Bali.

Gambar: m.bisnisaceh.com

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *