Teropong Bisnis | Homepage
Kondisi Ekonomi Indonesia Setelah Keputusan The Fed

Kondisi Ekonomi Indonesia Setelah Keputusan The Fed

0 Comments 🕔04.Apr 2014

Perekonomian di Indonesia sedang tidak menentu. Pasalnya, perekonomian Indonesia memang sangat dipengaruhi oleh kebijakan moneter yang dibuat oleh Amerika Serikat. Hal ini terjadi khususnya saat pihak Federal Reserve justru memangkas stimulusnya. Imbasnya, kondisi ekonomi Indonesia semakin tidak menentu saja.

Sebagai contoh kasus saja, perekonomian Indonesia dibuat tidak menentu oleh kebijakan moneter di pertengahan tahun 2013. Secara spesifik, keputusan Bernanken pada bulan Mei 2013 lah yang mengakibatkan kondisi ekonomi Indonesia tidak menentu. Bernanken yang dulunya adalah Gubernur Bank Sentral AS justru mengumumkan adanya pemangkasan stimulus.

Jika tidak, tentu kondisi Indonesia yang mengalami current account deficit sekitar 4.4% tidak akan menjadi masalah yang besar. Sebaliknya, kondisi Indonesia menjadi lebih baik setelah adanya pemulihan perekonomian AS. Kala itu, The Fed mengumumkan bahwa Amerika Serikat sudah mengalami pemulihan.

Pihak The Fed sendiri beralasan bahwa stimulus moneter harus dipangkas untuk menghindari ancaman inflasi. Dengan keputusan tersebut tidak heran jika pasar langsung mengalami pergolakan yang signifikan. Ini karena investor berubah sudut pandang. Indonesia sendiri memang sedang berada di posisi yang sulit.

Sebagai informasi, Indonesia memiliki nilai current account deficit, fical deficit, inflasi, dan utang yang besar. Menariknya lagi, ada sebutan bagi negara-negara yang sedang mengalami kesulitan tersebut yaitu the fragile five. Melihat kondisi ekonomi Indonesia yang carut marut tentunya negara ini termasuk dalam 5 tersebut mendampingi Brazil, Afrika Selatan, India, dan Turki.

kondisi ekonomi, indonesia, keputusan, the fed, artikel ekonomi

Karena itu, Indonesia memang diharuskan untuk berhati-hati saat mengambil keputusan dan kebijakan. Jangan sampai kebijakan yang dibuat justru menghancurkan perekonomian Indonesia sendiri. Ini juga terkait dengan ketergantungan Indonesia terhadap kucuran dana dari luar negeri.

Faktanya, Indonesia masih bergantung dengan negara lain sebesar 33% dalam bentuk surat utang negara yang dibeli oleh asing. Intinya, pihak negara lain masih membiayai defisit fiskal Indonesia. Dampak lain dari dipangkasnya stimulus moneter oleh The Fed adalah nilai bursa saham yang berjatuhan.

Kondisi tersebut kian memburuk setelah pada bulan Februari 2014 The Fed memutuskan untuk memangkas stimulus moneter menjadi 65 miliar dollar saja. Lebih buruk lagi, nilai tukar dollar dan euro justru menurun terhadap yen.

Hal ini memang wajar karena investor akan memilih untuk mengalokasikan dana ke tempat yang lebih aman. Kontraksi yang dialami oleh data manufaktur Cina juga menjadi salah satu penyebab rontoknya nilai saham di kawasa Asia termasuk Indonesia. Wall Street sendiri menutup perdagangan dengan muram karena mengalami penurunan nilai.

Lagi-lagi Wall Street tidak kuat menahan keputusan The Fed yang terus menurunkan stimulus moneter. Semoga saja kondisi ini berubah dan terus membaik sehingga Indonesia juga bisa turun dari masa-masa sulit perekonomian dan minimal kembali kepada keadaan normal.

 kondisi ekonomi, indonesia, keputusan, the fed, artikel ekonomi

BACA JUGA:

Harap-Harap Cemas Menanti Orang Kedua The Fed

Kombinasi Masalah Menjatuhkan Dollar AS

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *