Teropong Bisnis | Homepage
Komisi XI DPR Gelar Rapat Internal untuk Memilih Deputi Gubernur BI

Komisi XI DPR Gelar Rapat Internal untuk Memilih Deputi Gubernur BI

0 Comments 🕔10.Jul 2013

Komisi-XI-DPR-Gelar-Rapat-Internal-untuk-Memilih-Deputi-Gubernur-BI-1

Pada Senin, 8-7-2013, Komisi XI DPR melakukan rapat komisi internal untuk membahas keputusan Deputi Gubernur BI dan juga membahas mengenai anggota baru dari Badan Supervisi Bank Indonesia. Rapat ini dilaksanakan secara internal dan tertutup untuk wartawan. Pada rapat kemarin, ruang rapat Komisi XI DPR telah ditutup rapat dan wartawan sama sekali tidak dizinkan masuk. Sementara itu, pintu balkon juga ditutup dan dikunci sangat rapat. Rapat yang membahas keputusan untuk memilih Deputi Gubernur Bank Indonesia dan anggota Badan Supervisi Bank Indonesia tersebut  dipimpin oleh ketua Komisi XI DPR RI, Emir Moeis.

Untuk memilih Deputi Gubernur Bank Indonesia, Komisi XI melakukan beberapa tes, seperti uji kelayakan dan kepatuhan atau yang biasa disebut dengan fit and proper test. Bagi calon anggota Badan Supervisi Bank Indonesia, hal serupa juga diterapkan untuk memilih anggota. Sebelumnya, anggota Badan Supervisi BI tidak terlalu diperhatikan karena dianggap tidak memiliki peranan yang penting. Padahal, jika dilihat dari perannya secara internal, BSBI memiliki peranan yang sangat penting. Peran BSBI sangat penting untuk perpanjangan tangan dari DPR untuk melakukan pengawasan terhadap BI. Meskipun BSBI tidak begitu di kenal di masyarakat, peranannya sesungguhnya sangat penting untuk melakukan fungsi pengawasan terhadap BI.

Komisi-XI-DPR-Gelar-Rapat-Internal-untuk-Memilih-Deputi-Gubernur-BI-3

Hendar, Deputi Gubernur BI yang Baru

Setelah melakukan rapat internal, akhirnya Komisi XI DPR RI memilih Hendar untuk menggantikan Muliaman D Hadad. Muliaman D Hadad mundur sebagai Deputi Gubernur BI karena dirinya ditunjuk sebagai Ketua Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Hendar merupakan sarjana di bidang Ekonomi lulusan Universitas Padjajaran pada tahun 1982. Gelar Master of Art diperoleh dari Center for Development Economics dalam bidang Ekonomi Pembangunan pada tahun 1995 dari Williams College, USA. Hendar lahir di Bandung pada tahun 1957 dan mendapatkan gelar Doktor pada bidang Ekonomi dari Universitas Padjajaran.

Sosok Hendar

Hendar mengawali karirnya di Bank Indonesia pada tahun 1983. Dirinya sempat menjadi Direktur Eksekutif Departemen pengelolaan Moneter BI sejak tahun 1999. Hendar aktif sebagai perwakilan untuk Bank Indonesia dalam forum pertemuan internasional untuk bank sentral. Selain itu, Hendar juga aktif dalam seminar internasional sebagai pembicara dan sebagai narasumber. Hendar disebut-sebut memiliki prestasi yang baik selama berkarir di BI. Prestasinya terutama terlihat dalam bidang kajian ekonomi makro. Selain itu, Hendar juga sempat menjadi pengajar pada lembaga pendidikan dan perguruan tinggi. Secara umum, Hendar memfokuskan perhatiannya pada perkembangan pasar keuangan yang dikhususkannya pada bidang syariah dan perbankan syariah. Hal ini dibuktikan dalam keaktifannya sebagai anggota dalam Komite Perbankan Syariah Bank Indonesia. Berbagai prestasi dan pencapaiannya membuat Komisi XI DPR RI melirik Hendar sebagai kandidat yang tepat untuk menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia dan menggantikan Muliaman D Hadad.

Komisi-XI-DPR-Gelar-Rapat-Internal-untuk-Memilih-Deputi-Gubernur-BI-4

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *