Teropong Bisnis | Homepage
Kombinasi Masalah Menjatuhkan Dollar AS

Kombinasi Masalah Menjatuhkan Dollar AS

0 Comments 🕔20.Mar 2014

Akhir bulan Maret ini dapat dikatakan sebagai momen kelam dunia ekonomi Barat, terutama Dollar AS. Yang pertama adalah masalah yang terjadi antara Rusia dan Ukraina, mengenai daerah Crimea. Hal ini mempengaruhi keadaan pasar modal Rusia, khususnya pada saat akan dilaksanakan referendum Crimea.

Selain itu, AS juga menjadi salah satu penyebab beberapa masalah yang terjadi. Salah satunya adalah pengumuman The Fed yang akan menaikkan tingkat suku bunga.

Sebenarnya, masalah pertama yang terjadi pada Rusia sudah dapat diredam. Hal ini terjadi, setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin menyampaikan tidak akan merebut wilayah Ukraina lainnya. Pernyataan ini keluar setelah hasil referendum Crimea diumumkan. Hasil tersebut menyatakan warga Crimea lebih memilih Moskow dibandingkan Ukraina.

Dengan adanya pengumuman dari Presiden Putin ini, pelaku pasar merasa nyaman untuk berinvestasi di Rusia lagi. Dan, satu masalah sudah teratasi.

Sedangkan untuk masalah dari AS, hal ini berdampak langsung pada nilai Dollar AS. Adanya kebijakan The Fed ini menyebabkan nilai Dollar AS turun tajam. Nilai Dollar AS berada di bawah mata uang lainnya selama 4 bulan terakhir. Tercatat, nilai Dollar AS mencapai USD 79,382.

ekonomi, saham, masalah, jatuh, dollar as

Sebenarnya, untuk kebijakan pertama The Fed, yaitu penarikan stimulus moneter, pasar dunia sudah siap. Hal ini tampak bahwa pasar modal negara-negara berkembang menunjukkan perkembangan yang baik.

Yang menjadi masalah adalah rencana The Fed menaikkan suku bunga. Sebenarnya, kebijakan ini juga tidak akan menjadi masalah, bila dilakukan seperti pada rencana awal. Rencana awal yaitu menunggu hingga tingkat pengangguran turun. Tetapi, tampaknya The Fed tetap melaksanakan kebijakan ini meskipun angka pengangguran di AS belum turun.

Rencana awal The Fed adalah menunggu hingga pertengahan 2015 hingga angka pengangguran mencapai 6,5 persen. Pada awal tahun ini, tingkat pengangguran menunjukkan hasil yang baik, yaitu pada level 6,6 persen. Sayangnya, bulan Februari yang lalu, angka pengangguran kembali naik menjadi 6,7 persen.

Menurut perkiraan general manager asosiasi pembuatan pasar Sumitomo Mitsui Trust Bank Katsunori Kitakura, Dollar AS diperkirakan akan menguat tahun ini. Hal ini akan terjadi, bila pada awal tahun ini tidak ada masalah yang berarti.

Sayangnya, masalah Ukraina dan Rusia muncul ke permukaan. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi Dollar AS. Dan, hasilnya seperti yang kita ketahui saat ini, terjadi pelemahan.

Belum berhenti sampai disitu, cuaca buruk yang menerpa AS juga turut serta memperburuk keadaan. Cuaca buruk ini mengakibatkan rusaknya data-data ekonomi AS.

Sebenarnya, kebijakan The Fed tidak akan menjadi masalah untuk dunia global. Hal ini dikarenakan, dunia mempunyai waktu, sekitar setahun untuk mempersiapkan diri setelah diumumkan oleh Bernanke awal Mei tahun lalu. Tetapi, kombinasi beberapa masalah yang terjadi menyebabkan hal ini menjadi besar. Dan, Dollar AS terkena dampaknya.

 ekonomi, saham, masalah, jatuh, dollar as

BACA JUGA:

Harap-Harap Cemas Menanti Orang Kedua The Fed

Harga Perdana Reksa Dana SMinfra18 yang Menggembirakan

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *