Teropong Bisnis | Homepage
Kita Siap Menghadapi Kebijakan The Fed

Kita Siap Menghadapi Kebijakan The Fed

0 Comments 🕔22.Feb 2014

Ada banyak faktor yang menyebabkan gejolak ekonomi tahun lalu. Salah satunya adalah rencana Bank Sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve, untuk menarik stimulus moneternya. Hal ini mempengaruhi banyak pelaku pasar yang berimbas pada limbungnya pasar-pasar modal di negara berkembang.

Sejak keputusan dari The Fed ini diumukan pada tengah tahun yang lalu, negara-negara berkembang seperti Brasil, Indonesia, Turki dan lainnya terkena imbasnya. Banyak pelaku pasar memutuskan untuk menarik dana mereka, karena khawatir akan keputusan The Fed ini.

Akan tetapi, langkah The Fed ini sudah dapat diprediksi jauh-jauh hari sebelumnya.  Hal ini juga diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) Angel Gurria.

Angel Gurria mengatakan bahwa ada banyak hal yang dapat diamati dan semuanya menuju pada adanya keputusan ini. Meskipun mudah untuk diprediksi, keputusan dan dampak dari keputusan The Fed ini akan sangat sulit dihindari.

Meskipun begitu, bukan berarti keputusan The Fed ini membawa banyak dampak negatif untuk negara berkembang. Gurria mengungkapkan, keputusan ini dapat mendorong terjadinya normalisasi perekonomian di dunia. Sehingga, bila hal ini didukung dengan kebijakan dan keputusan yang tepat, bukan tidak mungkin target ini akan tercapai.

Akan tetapi, bila melihat keadaan saat ini, mungkin turbulensi yang terjadi seperti pertengahan tahun lalu kecil kemungkinannya akan terjadi. Gurria menilai bahwa pasar-pasar negara berkembang saat ini sudah siap untuk menghadapi keputusan The Fed ini.

The Fed, perbankan, world bank, ekonomi, bisnis

Memang, masih akan dapat terjadi beberapa turbulensi pada tahun ini dan tahun mendatang. Tetapi, gangguan ini tidak disebabkan oleh keputusan The Fed mengenai dana moneternya.

Membaiknya keadaan pasar-pasar di negara berkembang juga disetujui oleh Presiden Asian Development Bank. Banyak pasar di negara berkembang sudah siap menerima dan menghadapi kebijakan ini.

Selain kondisi pasar berkembang yang semakin membaik, mungkin faktor lambatnya eksekusi kebijakan ini juga menjadi alasan utama. Seperti yang kita tahu, indeks pengangguran di Amerika Serikat untuk awal tahun ini sangat jauh dari prediksi para analis. Bahkan dapat dikatakan tidak memuaskan. Oleh karena itu, The Fed mengundur pelaksanaan rencana kebijakan penarikan stimulus moneter yang disampaikan tengah tahun lalu.

Dengan adanya waktu dari pengunduran rencana penerapan kebijakan ini, pasar negara berkembang dapat lebih mempersiapkan diri. Lain halnya pada Mei tahun lalu saat Ben Bernanke mengumumkan kebijakan ini secara mendadak.

Sampai bulan ini, The Fed telah menarik US$20 miliar dana milik mereka. Hal ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu US$ 10 miliar pada bulan Desember dan US$ 10 miliar pada bulan Januari. Saat ini, pelaku pasar masih dapat menikmati sisa dana The Fed yang berjumlah US$ 65 miliar yang beredar di pasar global.

The Fed, perbankan, world bank, ekonomi, bisnis

BACA JUGA:

Pro dan Kontra Iuran OJK

Negara Penguasa Bank Termahal Di ASEAN

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *