Teropong Bisnis | Homepage
Ketegasan Pemerintah Tentang Elpiji 12 Kg

Ketegasan Pemerintah Tentang Elpiji 12 Kg

0 Comments 🕔26.Jun 2013

Konversi bahan bakar untuk memasak dan kebutuhan sehari-hari masyarakat dari minyak tanah ke gas LPG tampaknya sudah berhasil. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan LPG sebagai energi untuk memasak setiap hari. Akan tetapi, hal ini mempunyai beberapa sisi buruk, terutama pada produk gas LPG 12 kg. Komaidi Notonegoro, seorang pengamat energi dari Reforminer Institute mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia tidak tegas dalam menentukan harga LPG 12 kg yang banyak digunakan oleh perusahaan dan pabrik. Beliau mengatakan pemerintah seharusnya menjadikan LPG 12 kg menjadi komoditas public service obligation, bila memang mau menginterversinya.

Dampak Ketidaktegasan Pemerintah

Ada banyak dampak buruk yang datang dari ketidaktegasan pemerintah ini. Yang pertama, karena hal ini, maka wacana untuk menaikkan harga elpiji 12 kilogram yang diajukan ke pemerintah terus berulang-ulang. Pihak yang paling jelas terkena adalah pihak pengecer. Pihak pengecer bingung dalam menentukan harga. Akhirnya, pihak pengecer yang kecil dengan mudah untuk mengatur harga. Selain itu, Pertamina juga tidak bisa menentukan harga yang tetap karena hal ini. Masih menurut Pertamina, bila pemerintah mau menginteversi harga gas LPG 12 kg, maka harus segera dilakukan, agar Pertamina dapat menyampaikan secara jelas tentang harga baru ini. Hal ini juga menyebabkan pasok LPG tipe ini terhambat. Pertamina juga mengungkapkan, hambatan yang mereka alami karena ketidaktegasan pemerintah diperparah dengan banyaknya hambatan lainnya, seperti truk pemasok yang terguling beberapa waktu lalu di Tanjung Priok yang menyebabkan pasokan gas terhambat 1 sampai 2 hari. Pertamina sebenarnya memiliki solusi dengan memperbesar kapasitas pendukung. Tapi, hal tersebut tidak dapat dilakukan bila Pertamina terus merugi, seperti tahun 2012 saat Pertamina rugi 4,7 triliun karena penjualan gas LPG 12 kg.

Ketegasan-Pemerintah-Tentang-Elpiji-12-Kg-3

Solusinya

Pertamina menyarankan masayarakat untuk membeli gas LPG dari agen-agen resmi Pertamina atau SPBU yang menjual LPG. Ali Mundakir, juru bicara Pertamina hal ini perlu dilakukan agar masyarakat tidak menjadi korban agen nakal. Untuk agen nakal, Pertamina juga mengusulkan untuk pemberian sanksi pemotongan kuota dan surat peringatan. Dan, masih menurut Ali Mundakir, Pertamina berusaha mengatasi masalah ini dengan bekerja sama dengan pihak retail modern untuk menekan maraknya agen nakal yang seenaknya menaikkan harga LPG. Menurut Susilo Siswoutomo , Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, hal ini disebabkan oleh perbedaan biaya saat memasok gas ke agen-agen.  Beliau juga berencana untuk meninjau keadaan di lapangan beserta Pertamina untuk menemukan akar sesungguhnya permasalahan ini dan juga solusi yang bisa digunakan untuk memecahkannya. Semoga saja, masalah ini cepat selesai dan pemerintah dapat membuat kebijakan yang terbaik terkait dengan masalah harga gas LPG 12 kg ini.

Ketegasan-Pemerintah-Tentang-Elpiji-12-Kg-4

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *