Teropong Bisnis | Homepage
Kenaikan IHSG Dan Saham-Saham Lezat Pekan Ini

Kenaikan IHSG Dan Saham-Saham Lezat Pekan Ini

0 Comments 🕔28.Jan 2014

Memang, banjir yang melanda berbagai daerah di Indonesia secara serentak pada awal tahun ini mengkhawatirkan banyak pihak. Bahkan, Bank Indonesia (BI) memprediksi bahwa banjir ini dapat meningkatkan tingkat inflasi bulan Januari ini.

Akan tetapi, rupanya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih stabil. Meskipun sempat menurun pekan lalu, tetapi, laju IHSG berada di level positif.

Salah satu factor membaiknya IHSG ini adalah adanya sentiment positif dari pasar. Hal ini meningkatkan transaksi pembelian saham. Bahkan, IHSG sempat beradai di area jenuh beli (overbought) yang diimbangi dengan pergerakan volume yang cenderung menurun.

Menurut riset PT. Trust Securities, pergerakan IHSG memberikan utang gap dengan range, 4435-4440, 4477-4483 dan 4483-4480.

Menurut Kepala Riset PT. Trust Securities, Reza Priyambada, adanya sentiment positif dan penguatan IHSG yang terjadi pada 3 hari di awal pekan lalu memberikan beberapa dampak. Selain sebagai salah satu sinyal membaiknya IHSG, hal ini juga menjadi peluang para investor untuk melakukan aksi ambil untung.

Lebih detailnya, ada beberapa data yang tercatat di IHSG selama perdagangan pekan kemarin. Seperti:

IHSG, saham, ekonomi, bisnis

1. Naiknya nilai transaksi pembelian oleh investor asing dengan nilai Rp. 803,25 miliar. Lebih rendah dari pekan sebelumnya saat posisi nett buy berada di Rp. 3,27 triliun.

2. IHSG naik 25,11 poin atau 0,57%. Lebih rendah dari kenaikan sebelumnya yang mencapai 157,26 poin atau 3,70%.

3.  Indeks utama naik, dipimpin oleh indeks DBX sebesar 0,94% dan  MBX sebesar 0,51%.

4. Indeks sektoral tercatat variatif. Penguatan terjadi pada beberapa sektor, seperti indeks perkebunan (4,56%), indeks pertambangan (2,36 %) dan infrastruktur (1,74%). Sedangkan pelemahan terjadi pada indeks aneka industry (-4,36%), indeks industri dasar (-1,70%) dan manufaktur (-1,13%).

IHSG pekan ini akan berada pada rentang support 4386-4421 dan resisten 4467-4520. Pola yang terbentuk adalah shooting star diatasmiddle Bollinger bands. Hal ini juga diamini oleh Reza.

Selain itu, Reza juga memperkirakan MACD akan berusaha naik dan RSI, Wiliam’s %R, dan Stochastic masih berada pada uptrend terbatas. Dan, IHSG diperkirakan juga akan dapat melaju diatas target support-nya (4280-4345) dan melewati target resisten (4448-4474).

Mungkin bila dilihat adanya banyak kenaikan di IHSG, maka dapat dikatakan ke depannya pasar modal Indonesia akan membaik. Tetapi, menurut Reza, perlu juga diperhatikan aksi para pelaku pasar.

Dengan adanya kenaikan ini, maka pelaku pasar akan cenderung untuk mencari untung. Hal ini dapat menghambat laju kenaikan dan cenderung akan melemah. Pelemahan ini juga terjadi untuk menutupi utang gap seperti disebutkan diatas.

Dengan kondisi IHSG diatas, maka ada beberapa saham yang harus diperhatikan, contohnya LSIP, HRUM, AKRA, MPPA, ITMG, AALI, AISA, PGAS, MAPI, ADRO, SIMP, dan CTRA.

IHSG, saham, ekonomi, bisnis

BACA JUGA:

10 Investasi Saham Cemerlang 2014

Sambutan Baik Investor Untuk Saham Asuransi Mitra Maparya

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *