Teropong Bisnis | Homepage
Kenaikan Harga Tiket Pesawat Ekonomi Mulai Berlaku Hari ini

Kenaikan Harga Tiket Pesawat Ekonomi Mulai Berlaku Hari ini

0 Comments 🕔27.Feb 2014

Pihak Kementerian Perhubungan hari ini memberlakukan biaya tambahan tarif angkutan udara untuk kelas ekonomi. Kenaikan harga tiket pesawat ini terjadi karena berlakunya peraturan baru yang dibuat oleh Kementerian Perhubungan. Dalam Paraturan Menteri Perhubungan Nomor 2 tahun 2014 disebutkan bahwa ada biaya tambahan/ surcharge untuk pelayanan penerbangan kelas ekonomi khusus untuk jalur penerbangan dalam negeri. Dalam peraturan terbaru yang ditandatangani oleh E.E Mangindaan selaku Menteri Perhubungan  disebutkan bahwa kenaikan tarif pelayanan penerbangan untuk kelas ekonomi ditetapkan karena biaya yang telah dikeluarkan oleh pihak penyedia jasa penerbangan yang dibutuhkan ternyata di luar dugaan. Setelah dikalkulasi, perhitungan penetapan tarif yang dibebankan pada penumpang maskapai penerbangan kelas ekonomi dinilai rendah.

Besarnya biaya tambahan untuk tiket pesawat kelas ekonomi akan berbeda-beda berdasarkan  jarak tempuh. Biaya tambahan yang dibebankan pada penumpang minimal Rp.60.000 untuk penumpang pesawat kelas ekonomi. Jumlah kenaikan ini berlaku untuk tiap jarak tempuh 664 km. Berbeda dengan penumpang pesawat kelas ekonomi, para penumpang pesawat propeller, tambahan biaya yang dibebankan pada penumpang propeller sebesar Rp.50.000 untuk tiap jarak 348 km. Besarnya tambahan biaya untuk tiket pesawat kelas ekonomi dapat dihitung dengan rumus jarak rute dikalikan dengan biaya tambahan sesuai dengan kategori jarak yang sudah ditentukan dan dikalikan lagi dengan 0,95. Sedangkan harga tiket untuk penumpang pesawat propeller dapat dihitung dengan rumus jarak rute (348 km) dikalikan dengan Rp.50.000 dan dikalikan lagi dengan 0,90.

tiket pesawat, kelas ekonomi, airlines, harga tiket, bisnis

Pada lampiran Peraturan Menteri Perhubungan yang ditandatangani tanggal 10 Februari 2014 lalu, diperlihatkan contoh kenaikan harga tiket pesawat kelas ekonomi. Berikut ini adalah contoh lampirannya. Untuk rute penerbangan dengan tujuan Denpasar dari Kota Ambon akan dikenakan tambahan biaya Rp. 129.000. Untuk penerbangan dari Balikpapan menuju Jakarta, para penumpang akan dikenakan biaya tambahan tiket Rp.113.000. Penerbangan Banda Aceh menuju Jakarta, biaya tambahan yang dibebankan pada penumpang adalah Rp.163.000, dan masih banyak contoh rute penerbangan kelas ekonomi.

Besarnya biaya tambahan yang dikenakan pada para penumpang pesawat kelas ekonomi seperti yang sudah dirumuskan di atas belum termasuk PPn. Ini sesuai dengan isi pasal 2 ayat 3 Peraturan Menteri Perhubungan tahun 2014. Sedangkan pasal 4 ayat 2 berisi jika setelah dilakukan evaluasi ternyata terjadi penurunan  nilai kurs rupiah terhadap nilai dollar AS, maka peraturan ini akan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Peraturan Menteri Perhubungan ini akan berlaku 14 hari setelah peresmian peraturan yang baru ini. Peraturan Menteri Perhubungan ini telah digodok dan diresmikan oleh Amir Syamsudin selaku Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kenaikan harga tiket pesawat kelas ekonomi ini tentu saja sangat merugikan para penumpang. Para penumpang pun mengaku sangat keberatan dengan peraturan yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan.

tiket pesawat, kelas ekonomi, airlines, harga tiket, bisnis

BACA JUGA:

PT Dirgantara Indonesia Kembali Mengudara

Erupsi Kelud Hentikan 52 Penerbangan Citilink

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *