Teropong Bisnis | Homepage
Kemungkinan Kebijakan Kenaikan Jumlah Initial Public Offering Dari Calon Emiten

Kemungkinan Kebijakan Kenaikan Jumlah Initial Public Offering Dari Calon Emiten

0 Comments 🕔17.Jun 2013

Kemungkinan-Kebijakan-Kenaikan-Jumlah-Initial-Public-Offering-Dari-Calon-Emiten-2

Telah terjadi kajian yang dilakukan oleh manajemen Bursa Efek Indonesia atau BEI terkait dengan aturan minimal bagi pelepasan atau penawaran perdana saham ke publik dari calon emiten yang memiliki batas minimum dari modal yang disetorkan dengan porsi minimum sebesar 15 persen. Free float atau ambang batas minimum dari porsi atau jumlah sahan yang beredar di masyarakat juga menjadi bagian dari kajian manajemen BEI yang lain. Saat ini, batas minimum dari porsi saham yang dilepas ke masyarakat sebesar 10 persen. BEI menggagas kewajiban dari emiten untuk melepas saham sebanyak 15 persen sebagai batas minimum atau free float yang diedarkan ke masyarakat.

Kemungkinan Pengaruh Kebijakan Baru Dari BEI

Terdapat beberapa kemungkinan pengaruh pada pasar yang terjadi terkait dengan kemungkinan perubahan kebijakan manajemen BEI terkait dengan Initial Public Offering dan batas minimal free float untuk saham yang diperjualbelikan di BEI. Dengan ketentuan baru dari pihak manajemen BEI mengenai kepemilikan saham minimum bagi publik sebesar 15 persen atau lebih besar 5 persen dari ketentuan semula, maka akan ada lebih banyak lembar saham yang akan diperjualbelikan di bursa. Kemungkinan perubahan ketentuan dengan mewajibkan setiap emiten untuk melepas minimal 15 persen dari jumlah saham mereka ke publik dikemukakan oleh Hoesen selaku Direktur Penilaian Perusahaan BEI. Pernyataan tersebut dikemukakan pada Jumat, 14 Juni lalu di Gedung BEI.

Hoesen menuturkan bahwa kebijakan baru dari BEI tentang peningkatan jumlah minimal saham yang ditawarkan ke publik oleh para emiten terkait dengan penjagaan likuiditas pasar serta meningkatkan transaksi di BEI setelah jumlah saham yang diperdagangkan mengalami peningkatan jumlah. Direktur Penilaian Perusahaan BEI tersebut juga menuturkan tengah dikajinya ketentuan minimal free float bagi perusahaan yang akan menjual saham atau calon emiten. Jumlah free float yang biasanya dimiliki oleh pemodal retail saham akan mempengaruhi likuiditas dari transaksi saham perusahaan atau emiten di BEI. Rencana dikeluarkannya ketentuan tersebut terkait adanya calon emiten saat ini yang melakukan Initial Public Offering sebesar 10 persen namun hanya mengeluarkan free float sebesar 2 persen saja sehingga dinamika saham milik emiten tersebut akan mengalami likuiditas yang rendah untuk diperdagangkan.

Ketentuan Baru IPO Dan Free Float Sebagai Keputusan Bersama Otoritas Jasa Keuangan

Kajian yang dilakukan pihak BEI mengenai ketentuan baru terkait Initial Public Offering dan besaran Free Float dilakukan bersama dengan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan guna meningkatkan dinamika dan likuiditas pasar modal di BEI. Gagasan untuk menaikkan Initial Public Offering menjadi 15 persen merupakan sebuah awal untuk kemudian terus ditingkatkan; Hoesen juga menyatakan bahwa besaran IPO tersebut bisa saja ditingkatkan hingga 50 persen secara bertahap guna menaikkan likuiditas pasar.

Kemungkinan-Kebijakan-Kenaikan-Jumlah-Initial-Public-Offering-Dari-Calon-Emiten-3

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *