Teropong Bisnis | Homepage
Karyawan Tak Punya Rumah Bisa Dapat Prioritas KPR

Karyawan Tak Punya Rumah Bisa Dapat Prioritas KPR

0 Comments 🕔07.Jun 2013

Para Tenaga kerja kini bisa bernafas lega, pasalnya mereka dijanjikan akan memperoleh prioritas dalam mendapatkan fasilitas Cicilan Rumah yang lebih mudah. Ini merupakan salah satu wacana yang diusulkan pemerintah dalam kebijakannya yang terbaru. Wacana ini tengah menjadi pembahasan di kalangan DPR dan Pemerintah.

Deputi di Bidang Pembiayaan Kementrian Perumahan Rakyat, Sri Hartoyo, mengemukakan bahwa regulasi tabungan tentunya tidak membuat mereka harus menunggu mengumpulkan uangnya terlebih dahulu baru mereka bisa dapat rumah. Melalui tabungan inilah diharapkan para karyawan yang ikut program ini bisa memperoleh KPR dengan syarat mereka sanggup untuk mencicil pembayaran rumah tersebut nantinya dan juga masih dalam status belum memiliki rumah.

Ilustrasi Kebijakan KPR Terbaru

Gambaran dari kebijakan tersebut adalah sebagai berikut, jika seseorang memiliki pendapatan sebesar 2 juta per bulannya, maka dia akan dikenakan potongan sebesar 2,5% untuk mencicil rumah. Iuran per bulan yang harus dibayarkan adalah 50.000 Rupiah. Selanjutnya akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya gaji yang mereka miliki. Ini tentunya akan bisa mempermudah mereka yang ingin memperoleh tempat hunian yang layak.

“Nantinya akan dilakukan seleksi lagi mengenai siapa yang lebih berhak mendapatkan fasilitas tersebut,” tegas Sri Hartoyo. Pembiayaan mengenai KPR tersebut, dengan tidak adanya uang muka, tentunya harus memenuhi berbagai macam persyaratan terlebih dahulu. Jika mereka mempu membayar cicilan dengan jumlah yang telah ditentukan, maka tidak mustahil fasilitas rumah ini akan bisa mereka peroleh dengan mudah.

Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Sri juga menambahkan bagi pekerja yang masih belum mendapatkan penghasilan yang cukup untuk mencicil fasilitas ini, mereka akan diberikan kemudahan dalam memperoleh rumah atau apartemen sewa yang murah dari pemerintah. Sri juga memaparkan bahwa uangnya nanti akan digunakan terlebih dahulu untuk mereka yang lebih membutuhkan. Dengan adanya tabungan perumahan yang memudahkan para karyawan ini, diharapkan mereka akan bisa memiliki kehidupan yang lebih layak dibandingkan sebelumnya. Pemberian dana murah bagi mereka yang membutuhkan rumah juga bisa akan bisa didapatkan dengan mudah. Tentu saja semua itu harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya.

Sayangnya ada sedikit perbedaan pendapat yang terjadi antara pemerintah dengan DPR terkait permasalahan fasilitas tabungan ini. Salah satu masalah yang muncul adalah skema dari tabungan tersebut. Siapa nantinya yang bisa menggunakan tabungan ini? Bisakah pekerja non-formal juga bisa mendapatkannya? Semua itu masih menjadi wacana yang akan dibahas oleh Pemerintah. DPR sendiri mengajukan pendapat bahwa fasilitas ini sebaiknya diberlakukan untuk pekerja formal dan non-formal. DPR tidak setuju jika yang bisa mendapatkan fasilitas ini hanyalah pekerja berstatus formal saja, seperti yang dikemukakan oleh pemerintah. Diharapkan dengan adanya kebijakan terbaru ini, masyarakan nantinya akan bisa memperoleh kemudahan dalam memperoleh rumah yang diinginkan.

Gambar: okefood.com

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *