Teropong Bisnis | Homepage
Kapan Waktu yang Tepat untuk Berinvestasi

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berinvestasi

0 Comments 🕔12.Aug 2013

Investasi merupakan aktivitas yang dilakukan oleh para pemilik modal untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Menurut Aidil Akbar, Ketua IARFC (International Association of Registered Financial Consultants), sangat penting bagi para investor untuk melakukan investasi di saat yang tepat! Dengan demikian, mereka nantinya akan bisa melakukan aktivitas investasi dengan baik dan juga memperkecil peluang untuk memperoleh masalah dalam aktivitas investasi yang satu ini.

Kapan-Waktu-yang-Tepat-untuk-Berinvestasi-2

Lakukan Investasi Saat Anda Sudah Punya Penghasilan Sendiri

Aidil Akbar mengatakan bahwa investasi itu sejatinya harus dilakukan sedini mungkin! Mengapa? Jika anda melakukan investasi sejak muda, misal ketika anda berumur 25 tahun, maka nantinya anda akan bisa merasakan keuntungan dari investasi tersebut disaat anda berumur 26 sampai 30 tahun, tergantung lamanya waktu anda untuk memperoleh keuntungan dari investasi yang dipilih. Jangan sampai menunggu ketika anda sudah berumur tua baru melakukan investasi. Di samping itu melakukan investasi sejak dini juga sangat bagus untuk membuat anda memperoleh banyak pengalaman dalam bidang investasi ini. Pengalaman tentunya berperan sangat penting dalam mengasah insting dan kemampuan anda di sektor ini. Beliau juga menambahkan bahwa, semuda apapun usia seseorang, jika dirinya sudah memiliki penghasilan, maka disitulah saat yang tepat bagi dirinya untuk melakukan aktivitas investasi.

Contoh Investasi di Sektor Property

Aidil Akbar juga memberikan gambaran seperti ini, katakan saja anda adalah seorang anak kuliahan yang sudah memperoleh penghasilan sendiri baik itu melalui kerja online maupun kerja part time menjadi pengajar. Penghasilan yang anda peroleh dari kerja tersebut tentunya akan bisa anda manfaatkan potensinya dengan baik untuk melakukan investasi bagi masa depan. Carilah sumber investasi yang menguntungkan dan  tidak beresiko. Ini bisa dimulai dari investasi yang dilakukan antar keluarga anda. Jika melakukan investasi antar keluarga, sudah barang tentu anda tidak akan merasa was-was karena yang diajak berinvestasi adalah keluarga sendiri. Apa subyek yang bisa dijadikan untuk sarana investasi? Ada banyak sekali pilihannya, misalnya anda menginvestasikan uang anda untuk membeli rumah dengan urunan bersama keluarga anda yang lainnya. Akhirnya tercapailah tujuan anda untuk membeli rumah dengan harga 50 juta misalnya. Nanti, anda bisa menjual kembali rumah tersebut dengan harga 75 juta atau lebih, dan keuntungan yang diperoleh nantinya bisa dibagi rata dengan keluarga anda.

Hal terpenting yang harus diperhatikan oleh para pelaku investor adalah untuk tidak grubak-grubuk dalam berinvestasi. Aidil Akbar mencontohkan seorang investor yang memberikan semua uangnya untuk investasi bisnis yang tidak jelas. Hasilnya, tentu saja dia jadi tidak bisa makan karena kehabisan uang. Investor yang cerdas harus mampu dalam memprediksi skala financial yang tepat dan juga tahu apakah kondisi keuangan sedang sehat atau belum. Jangan asal investasi tapi waktunya tidak tepat.

Kapan-Waktu-yang-Tepat-untuk-Berinvestasi-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *