Teropong Bisnis | Homepage
Kabar Segar Tentang Nilai Tukar Rupiah Dengan Dukungan Lelang SUN

Kabar Segar Tentang Nilai Tukar Rupiah Dengan Dukungan Lelang SUN

0 Comments 🕔06.Feb 2014

Salah satu dampak dari masalah ekonomi 2013 yang masih ada sampai saat ini adalah nilai tukar Rupiah. Akhir tahun lalu, nilai tukar Rupiah sempat menyentuh level terendah. Dan, hal ini mempengaruhi banyak aspek didalam negeri.

Awal tahun ini, ada kabar menggembirakan yang diterima oleh semua rakyat Indonesia. Rupiah tercatat menguat. Dan, yang lebih bagus lagi, penguatan ini terjadi secara terus menerus sejak satu bulan yang lalu.

Pada perdagangan Rabu, 5 Februari 2014, tercatat penguatan Rupiah yang cukup memuaskan. KursRupiah NDF menguat menjadi Rp. 12.155 per dollar AS sedangkan JISDOR menguat menjadi Rp. 12.248 per dollar AS. Penguatan ini sejalan dengan banyak pasar modal di berbagai negara di Asia yang juga turut menguat terhadap dollar AS.

Pemerintah juga berusaha untuk mendorong penguatan nilai tukar Rupiah ini dengan beberapa cara. Salah satunya adalah lelang surat utang negara. Cara ini diharapkan akan membantu pergerakan Rupiah, khususnya di pasar domestik.

Lelang surat utang negara (SUN) diharapkan dapat mencapai target yang pemerintah tetapkan, yaitu Rp. 10 triliun pada perdagangan hari ini. Dengan demikian, tujuan utama untuk mendorong daya beli pelaku pasar di pasar domestic akan tercapai.

Selain itu, Yield SUN juga tercatat tenor 10 tahun. Dan, sampai sore tanggal 4 Februari 2014, Yield SUN masih bertahan di atas 9 persen.

nilai tukar rupiah, ekonomi, bisnis, rupiah

Adanya sentimen positif di pasar modal Indonesia juga dicermati oleh riset Samuel Sekuritas. Pada dinihari 5 Februari 2014, mereka mencatat adanya pengurangan pada sentiment flight to safety.

Selain itu, perusahaan ini juga mencatat adanya kenaikan pada Yield US Treasury yang menjadi 2,6 persen. Hal ini terjadi hampir secara bersamaan dengan indeks S&P 500 yang juga menguat.

Sedangkan Yen, tercatat melemah. Pelemahan terjadi setelah beberapa hari, Yen sempat mencatatkan penguatan yang cukup signifikan terhadap dollar AS. Kini, Yen berada pada kisaran 101,3 per dollar AS.

Dengan adanya beberapa kejadian diatas, dapat dikatakan saat ini sedang terjadi tren positif pada pasar modal Indonesia. Hal ini sebaiknya dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku pasar.

Adanya pengumuman dari BPS tentang PDB pada hari ini juga menjadi salah satu momen tepat untuk para pelaku pasar. Hal ini dapat mempengaruhi nilai investasi, khususnya pada sektor konsumsi.

Menurut riset Samuel Sekuritas, nilai PDB pada triwulan keempat 2013 diperkirakan akan berada di kisaran -1,68 (qoq) dan 5,38 persen (yoy). Dengan data ini, dapat diperkirakan bahwa angka PDB pada 2013 adalah 5,71 persen (yoy).

Riset Trust Securities juga mengungkapkan beberapa hal. Salah satunya adalah nilai tukar Rupiah yang akan melaju diatas support Rp. 12.260 per dollar AS. Sedangka kurs tengah Rupiah menurut BI, diproyeksikan akan berada di level Rp. 12.255-Rp. 12.221.

nilai tukar rupiah, ekonomi, bisnis, rupiah

BACA JUGA:

Dampak Terbesar Melemahnya Nilai Tukar Rupiah

Kabar Gembira tentang Nilai Tukar Rupiah Dari Pasar Berjangka

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *