Teropong Bisnis | Homepage
Investor Gencar Borong Dolar AS

Investor Gencar Borong Dolar AS

0 Comments 🕔09.Jul 2013

Akhir-akhir ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus melemah. Selama beberapa pekan semenjak sebelum dan sesudah kenaikan harga BBM, nilai tukar rupiah terus melemah dan terakhir sudah menyentuh level 9.990 per dolar Amerika Serikat. Hal ini tentu saja memaksa BI untuk melakukan berbagai strategi untuk menjaga keseimbangan kurs rupiah terhadap dolar. BI diberitakan menggelontorkan cadangan devisa negara yang ditujukan untuk melakukan intervensi di pasar valuta asing. Karena strategi BI, cadangan devisa nasional pun merosot tajam. Sebelumnya, cadangan devisa Indonesia tercatat sebesar USD105,1 miliar. Setelah BI menggelontorkan dana sebesar USD 7 miliar, cadangan devisa Indonesia kini menjadi USD 98,1 miliar. Data ini merupakan data resmi dari BI yang dikeluarkan pada akhir Juni 2013.

Investor-Gencar-Borong-Dolar-AS-2

Cadangan Devisa Tidak Mengkhawatirkan

Tony Prasetiantono, pengamat ekonomi dari Universitas Gadjah Mada mengungkapkan bahwa secara teknis dan secara ekonomi, cadangan devisa yang anjlok menjadi di bawah USD 100 miliar bukanlah sebuah masalah yang besar. Angka besaran devisa Indonesia saat ini masih mampu digunakan sebagai cadangan untuk membayar impor dan membayar hutang ekuivalen hingga lima atau empat bulan ke depan. Hal ini bisa menjadi satu hal positif bagi para investor untuk tetap mempertahankan investasinya terhadap kurs rupiah. Namun, belakangan, investor akan tetap memanfaatkan peluang meningkatnya nilai tukar rupiah untuk memborong dolar.

Nilai besaran devisa Indonesia yang berada di bawah level psikologis, yaitu di bawah USD 100 miliar, bisa menjadi sebagai pengaruh utama semakin beringasnya investor untuk memborong dolar. Hal ini sebenarnya merupakan satu fenomena yang lazim, dimana investor akan memanfaatkan peluang semacam ini untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari investasinya. Namun, Tony Prasetiono mengungkapkan bahwa hal ini sewajarnya tidak perlu dikhawatirkan karena angka USD 98,1 miliar masih dekat dengan USD 100 miliar. Namun, biar bagaimana pun, angka ini sudah menyentuh angka psikologis, yaitu dibawah USD 100 miliar.

Investor Bersiap Serbu Dolar AS

Para pemilik dana atau investor dan juga para spekulan bisa saja menjadi nervous dan takut terhadap masa depan rupiah. Dengan nilai tukar yang terus melemah, hal ini bisa berpengaruh terhadap minat mereka untuk memborong dolar. Hal ini dibuktikan dengan semakin melemahnya rupiah meskipun BI sudah menggelontorkan dana sebesar USD 7 milar untuk menyeimbangkan nilai tukar rupiah. Selain itu, di pihak yang lain, BI juga bisa kehilangan kepercayaan dirinya serta bisa membuat nilai tukar rupiah semakin melemah tak terkontrol. Jika tidak segera diatasi, situasi seperti ini bisa menjadi uncontrolable dan bisa membuat investor berbondong-bondong beralih ke investasi dolar. Meskipun demikian, saat ini proses peralihan masih dalam tahap yang bisa terkontrol. BI diharapkan akan mampu melakukan beberapa strategi yang bisa membuat investor lebih tenang dan tidak lagi khawatir terhadap rupiah.

Investor-Gencar-Borong-Dolar-AS-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *