Teropong Bisnis | Homepage
Yuk Pahami Saham dan Cari Peluang Bisnis

Yuk Pahami Saham dan Cari Peluang Bisnis

0 Comments 🕔07.Aug 2013

Yuk-Pahami-Saham-dan-Cari-Peluang-Bisnis-2

Pengertian Saham

Saham merupakan salah satu jenis dari surat berharga. Saham adalah surat tanda kepemilikan dari suatu perusahaan. Saham bisa diperjual belikan dan tempat penjualan dan pembelian saham tersebut diberi nama pasar modal. Anda bisa mengetahui keadaan terkini pasar modal dengan melihat di berbagai situs.

Memang agak mengerikan jika mengetahui bahwa suatu perusahaan yang memiliki karyawan sampai berartus-ratus ribu ternyata diperjual belikan dalam bentuk sebuah kertas, namun memang begitu adanya. Di kertas saham itu, Anda akan menemukan keterangan bahwa Anda adalah salah satu pemilik dari suatu perusahaan tertentu. Jumlah ataupun prosi dari kepemilikan Anda biasanya ditentukan dari berapa banyak uang yang Anda investasikan ke perusahaan pilihan Anda itu.

Jika ini terasa sedikit membingungkan, mungkin kita bisa sedikit membandingkannya dengan sertifikat tanah ataupun rumah. Kertas tersebut berisi bukti dari kepemilikan Anda. Namun bedanya, di saham, akan banyak sekali pemilik dari suatu perusahaan tertentu, tidak seperti rumah yang biasanya hanya dimiliki satu orang saja.

Banyak orang mengikuti perdagangan saham karena merasa ingin untuk bisa turut serta mendapatkan untung dari hal ini. Caranya bisa dikatakan mudah karena mereka biasanya hanyalah membeli berbagai saham perusahaan dan menjualkannya kembali ketika harganya naik sehingga mendapatkan keuntungan.

Untuk bisa melakukan perdagangan ini, Anda harus memiliki pengetahuan di bidang bisnis dan juga memiliki modal untuk menghindari kemungkinan merugi. Tidak jarang ada pula orang salah memilih saham sehingga malam mengalami kerugian karena ketika hendak dijual kembali, saham tersebut berposisi jauh lebih rendah.

Macam Saham

Kalau kita mau melihat saham dari sudut hak tagihnya, maka kita bisa menjadikannya dua klasifikasi, yaitu klasifikasi biasa dan preferen. Kedua macam saham tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Saham preferen sebenarnya sekilas akan terlihat seperti campuran atas saham biasa dengan obligasi.

Saham biasa memberikan si pemilik hak untuk dapat melakukan klaim kepemilikan atas keuntungan dan berbagai pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan yang dimilikinya. Tapi di lain sisi, kewajiban si pemilik sah sangatlah terbatas. Ketika perusahaan terlibat masalah sehingga terus merugi, si pemilik saham tidak akan menanggung kerugiannya, namun hanya mengalami kerugian sebatas jumlah uang yang dihabiskannya untuk membeli saham saja.

Sedangkan untuk saham preferen, biasanya pemilik bisa mendapatkan penghasilan tetap dari perusahaan tersebut. Namun demikian, secara jumlah mungkin tidak akan sesuai dengan yang diharapkannya karena perusahaan memiliki pemasukan yang mungkin naik turun tergantung periodenya. Akan tetap jika mengalami kerguian, pemilik harus turut menanggungnya sehingga selain nilai investasi awalnya, si pemilik juga akan mengalami kerugian tambahan.

Yuk-Pahami-Saham-dan-Cari-Peluang-Bisnis-3

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *