Teropong Bisnis | Homepage
Yang Sedang Naik-Naik di BEI

Yang Sedang Naik-Naik di BEI

0 Comments 🕔05.Nov 2013

Sebelumnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) digoyang dengan melemahnya indeks karena pengaruh banyaknya terjadi demo buruh. Tetapi, ada kabar yang cukup menggembirakan yang tercatat pada tanggal 1 November 2013 kemarin. Kabar ini adalah meningkatnya nilai kapitalisasi pasar saham.

Saat ini, nilai kapitalisasi pasar saham BEI mencapai Rp. 4.360 triliun. Bila dibandingkan dengan nilai kapitalisasi yang tercatat pada akhir Desember 2012, yang mencapai Rp. 4.127 triliun, tentunya hal ini berarti nilai kapitalisasi pasar saham Indonesia naik cukup signifikan.

Kabar gembira ini juga disampaikan oleh Direktur Utama BEI Ito Warsito pada saat acara CEO Networking 2013 dengan tema Improving Governance to Embrace Globalization and Integration di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali pada hari Senin 2 November 2013.

Ito juga menambahkan bahwa nilai kapitalisasi saham Indonesia sempat berada di angka yang sangat tinggi, yaitu Rp. 5.000 triliun. Bahkan, angka paling tinggi yang pernah tercatat terjadi pada tanggal 23 Mei 2013 yaitu pada angka Rp. 5.124 triliun. Padahal, pada saat ini beredar isu tentang penghentian stimulus (tapering off) oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Fed.

Meskipun saat ini kondisi sangat membaik, tetapi, Ito juga mengingatkan bahwa pasar saham Indonesia juga pernah mengalami posisi yang sangat buruk yaitu pada tahun 2008. Saat itu terjadi krisis ekonomi global yang menyerang pasar modal dan semua aspek perekonomian. IHSG bahkan pernah melemah hingga lebih dari 50%.

Tetapi, proses recovery keadaan pasar saham Indonesia dinilainya cukup baik. Bahkan, setiap tahunnya, IHSG terus naik dan membaik.
Selain membaiknya nilai kapitalisasi saham di pasar saham Indonesia, ternyata kondisi transaksi saham di BEI juga sangat membaik. Saat ini, nilai perdagangan harian yang tercatat mencapai angka yang cukup tinggi, yaitu Rp. 6,5 triliun per hari. Bila dibandingkan dengan nilai perdangangan harian pada tahun lalu yang mencapai Rp. 4,5 triliun, hal ini merupakan angka kenaikan yang cukup bagus yaitu lebih dari 40%.
Belum habis kabar gembira diatas, Ito juga menambahkan bahwa jumlah frekuensi harian juga sangat baik. Bahkan, bisa dikatakan jumlah frekuensi harian sangat membaik dengan mencatat jumlah transaksi per hari rata-rata melebihi 160 ribu transaksi per hari.

Dan, bila Anda membandingkan dengan tahun lalu, anda akan menemukan perbedaan yang cukup signifikan. Jumlah frekuensi harian tahun lalu hanya mencapai 121 ribu transaksi per hari.

Bahkan, menurut Ito, bila Anda menengok jauh kebelakang, tepatnya pada tahun 2006, jumlah transaksi kita hanya 20 ribu per hari di BEI. Jauh sekali dari apa yang dapat kita temukan di pasar saham Indonesia saat ini. Dengan kondisi ini, dapat dikatakan kondisi perekonomian Indonesia akan terus membaik.

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *