Teropong Bisnis | Homepage
Wall Street Jatuh Ketika The Fed Plin-Plan Masalah Stimulus

Wall Street Jatuh Ketika The Fed Plin-Plan Masalah Stimulus

0 Comments 🕔23.Sep 2013

Wall Street sedang terkena sebuah koreksian pada saat setelah adanya kabar jika The Federal Reserve akan punya niat dalam mengurangi stimulus. Padahal saat sebelumnya bank sentral tersebut sudah pasti menyatakan akan dengan sigap dalam mempertahankan progam stimulus miliknya tersebut.

Meskipun di akhir pekan yang ditutup dengan lemah, namun indeks-indeks yang utama pada bursa saham di Paman Sam tersebut berhasil dan mampu menguat di dalam seminggu ini. Dow Jones telah naik sebesar 0,6%, lalu indeks dari S&P bertambah menjadi 1,3% dan pada Nasdaq telah melaju hingga 1,4%.

Di haru Rabu yang lalu The Fed telah mengumumkan tidak akan mencabut dari program stimulus dari pembelian obligasinya yang senilai US$ 85 Miliar setiap bulannya. Para pelaku pasar pada awalnya memang memprediksikan bahwa stimulus ini nantinya akan dikurangi lagi menjadi US$ 75 setiap bulannya.

Tetapi, Deputi Gubernur dari Bank The Fed di negara bagian St. Louis yaitu James Bullard pada saat beberapa waktu yang lalu di wawancarai oleh Bloomberg TV, mengatakan bahwa bank sentral akan kembali mulai dalam mengurangi stimulus yang akan dimulai pada bulan Oktober yang akan datang.

Namun, Deputi Gubernur dari Bank The Fed di negara bagian Kansas City yaitu Esther George kemudian mengkritik dari komentar yang dilontarkan koleganya tersebut dikarenakan menurutnya bahwa tidaklah ada kesepatakan seperti itu di dalam The Fed. Hal inilah yang langsung membuat dari para pelaku pasar terus kebingungan.

Menurut Stephen Massocca selaku managing director Wedbush Equity Management LCC yang berpusat di San Francisco yang telah dikutip oleh Reuter pada Sabtu (21/9), menjelaskan bahwa melihat mereka yaitu The Fed sudah tidak kompak lagi, pasar ini sepertinya memang sudah terlalu mempercayai dalam hal ini. The Fed ini cepat atau dalam waktu yang lambat pastinya akan mulai dalam usahanya melakukan pengurangan pada stimulus.

Pada saat penutupan dari perdagangan hari Jumat waktu setempat memberitakan bahwa indeks dari Dow Jones telah jatuh di 185,46 poin atau sebesar (1,19%) pada level di angka 15.451.09, lalu indeks dari S&P 500 telah kehilangan 12,42 poin atau sebesar (0,72%) menuju level 1.709,92 dan pada indeks komposit dari Nasdaq juga melemah pada 14,656 atau 0,39% menuju ke level 3.774,728.

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *