Teropong Bisnis | Homepage
Target Mahasiswa, BEI Gunakan Metode Khusus Meningkatkan Jumlah Investor

Target Mahasiswa, BEI Gunakan Metode Khusus Meningkatkan Jumlah Investor

0 Comments 🕔01.Jan 2014

Seperti yang kita semua tahu, kondisi perekonomian Indonesia saat ini belum sepenuhnya keluar dari masalah. Nilai tukar Rupiah masih dapat dikatakan lemah dan kepercayaan investor masih belum pulih terhadap pasar Indonesia. Hal ini menyebabkan banyak investor enggan berinvestasi dan lebih memilih berinvestasi di pasar modal luar negeri yang lebih stabil.

BEI rupanya sadar akan hal ini dan membuat suatu cara untuk mengatasinya. Karena masalah utamanya adalah berkurangnya jumlah investor di dalam negeri, maka cara yang BEI lakukan adalah berusaha meningkatkan jumlah investor.

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencoba meningkatkan jumlah investor di pasar modal dengan melakukan sosialisasi dan pemberian pendidikan tentang investasi. Tujuan BEI untuk hal ini adalah masyarakat umum, jadi, akan tercipta masyarakat yang sadar pentingnya investasi.

Menurut Direktur Utama BEI, Ito Warsito, metode yang dilakukan BEI diatas ditujukan untuk kalangan mahasiswa. BEI memandang, mereka adalah golongan yang tepat untuk masuk dalam pasar investasi di Indonesia. Para mahasiswa ini dipercaya mempunyai bakat dan kemampuan yang tinggi untuk berinvestasi di pasar saham.

Ito juga menambahkan bahwa langkah edukasi ini dilakukan secara terus menerus dan rutin. Hal ini dilakukan khususnya untuk mahasiswa yang memang mempunyai bakat dan potensi yang bagus dalam bidang ini.

BEI

Target BEI dengan metode ini adalah untuk mendapatkan jumlah investor baru. Sehingga, pada tahun depan, total akan ada dua juta investor yang akan bergabung dan bertransaksi di pasar saham Indonesia.

BEI melakukan hal ini dengan harapan jumlah investor yang meningkat akan menaikkan jumlah kapitalisasi pasar dan transaksi harian di pasar saham. Target BEI, peningkatan ini akan terjadi secara signifikan dan jauh lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Bila peningkatan ini dapat diwujudkan, maka akan membawa dampak baik pada kinerja pasar modal Indonesia.

Sampai akhir tahun ini, jumlah investor di pasar modal Indonesia sudah mengalami peningkatan. Tercatat, terjadi peningkatan sebesar 13,54 persen. Kini, jumlah investor yang ada di pasar modal Indonesia mencapai 408.011.

Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 259.354 orang, jumlah di atas menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi. Hal ini dapat diartikan bahwa arah perekonomian Indonesia sudah benar dan akan menuju perbaikan. Dan, diharapkan pula hal ini dapat menjadi awal pulihnya Indonesia dari masalah yang menyerang beberapa bulan ini.

Ito menambahkan, investor yang saat ini berkecimpung di pasar modal Indonesia menggunakan beberapa instrumen investasi. Tetapi, yang paling banyak menggunakan 3 jenis instrumen investasi, yaitu saham, obligasi dan reksadana.

Dapat dibilang, ketiga instrumen investasi ini memang menjadi investasi yang menjanjikan dan memberikan keuntungan yang cukup besar. Selain itu, resiko yang rendah membuatnya cocok untuk pemula. Jadi, ada banyak orang baru yang masuk dalam BEI.

BEI

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *