Teropong Bisnis | Homepage
Strategi Menghadapi Pasar Saham yang Sedang Buruk

Strategi Menghadapi Pasar Saham yang Sedang Buruk

0 Comments 🕔06.Dec 2013

Dengan melihat kondisi yang belum kondusif, beberapa kalangan menilai volatilitas pasar finansial akan terus berlangsung. Kondisi ini sepertinya akan berlangsung hingga beberapa tahun ke depan. Hal ini terjadi karena adanya kekhawatiran atas ekonomi Eropa dan Amerika Serikat yang kembali pada periode resesi.

Tentunya, banyak dari Anda yang seperti kebingungan mengambil sikap untuk investasi yang Anda lakukan sekarang. Sepertinya, maju atau mundur masih berdampak jelek bagi kondisi investasi Anda. Lalu, apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk menghadapi pasar saham yang sedang memburuk ini?

Jack Ablin selaku perencana investasi di Harris Private Bank di Chicago memberikan tips menghadapi pasar saham yang buruk. Salah satu langkah yang harus Anda lakukan adalah menyusun strategi sebelum pasar saham semakin buruk dan tidak menentu. Contoh strategi yang mungkin bisa Anda lakukan adalah membeli saham berkualitas tinggi meski pasar saham dalam keadaan terjatuh.

Ada baiknya juga mencari perusahaan yang memberikan deviden dalam waktu yang lebih pendek. Ini juga berlaku bagi Anda yang ingin berinvestasi pada saham tapi tidak memiliki cukup dana. Anda bisa mencoba berinvestasi dengan cara bertahap dengan deviden yang cukup lumayan. Jika sudah menerima deviden tersebut Anda bisa langsung keluar untuk mencegah hal buruk terjadi.

Selain tips tersebut, tips menghadapi pasar saham yang buruk adalah dengan melakukan perencanaan yang matang terhadap uang Anda khususnya sebelum melakukan investasi. Cara sederhana untuk mengatur uang Anda adalah dengan cara memenuhi kebutuhan pokok dan kebutuhan jangka pendek terlebih dahulu.

Contohnya, dana darurat, asuransi dan tagihan pajak sudah harus terpenuhi sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Dalam kondisi yang tidak menentu seperti ini, lebih baik untuk mencari bank berbunga simpanan rendah tetapi tetap minim risiko. Akan lebih baik untuk menghindari menyimpan uang pada asuransi atau bank yang bereksposure ke Eropa.

Cara lain adalah dengan melipatgandakan dana pensiun yang sudah Anda rencanakan. Dana ini adalah dana yang Anda dapatkan dari pasar saham. Intinya, terus saja berinvestasi bahkan justru memborong saat indeks sedang jeblok. Tapi tentu Anda harus memilih perusahaan-perusahaan yang bagus termasuk perusahaan dari negara-negara berkembang lainnya.

Langkah ini relatif aman tapi tetap memberikan keuntungan yang cukup besar untuk Anda. Selain penjelasan di atas, tips menghadapi pasar saham yang buruk adalah dengan melindungi aset-aset yang Anda miliki sekarang. Contohnya, Anda bisa memilih untuk mencari kredit kepemilikan rumah atau KPR dengan bunga yang rendah.

Selain itu, Anda juga bisa memilih memasukkan dana ke asuransi dengan premi yang tidak terlalu besar. Fungsi keduanya adalah untuk mengamankan aset-aset yang Anda miliki. Jika Anda memiliki penasihat keuangan, maka akan sangat penting untuk jujur kepada mereka. Setidaknya, mereka tahu apa yang harus Anda lakukan untuk menghindari risiko yang lebih buruk.

 

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *