Teropong Bisnis | Homepage
Semua Bersiap! Tahun Baru Aturan Baru BEI

Semua Bersiap! Tahun Baru Aturan Baru BEI

0 Comments 🕔05.Jan 2014

Investasi saham dikatakan sebagai salah satu investasi yang paling beresiko. Akan tetapi, bila Anda tahu caranya bermain di pasar saham, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan jenis investasi lainnya.

Oleh karena itu, pengetahuan mengenai aturan-aturan yang berlaku di pasar saham Indonesia perlu Anda ketahui semuanya. Bila Anda baru bermain di dunia saham, ada hal baru yang perlu Anda ketahui, salah satunya adalah aturan baru dari Bursa Efek Indonesia (BEI).

BEI akan menerapkan peraturan baru mengenai satuan perdagangan atau lot size dan juga fraksi harga atau tick price. Aturan baru ini mengubah banyaknya saham dalam 1 lot yang sebelumnya adalah 500 lembar saham menjadi hanya 100 lembar saham.

Aturan baru BEI ini akan membawa dampak besar bagi pasar saham Indonesia. Salah satunya adalah investor tidak perlu menyiapkan dana yang terlalu besar untuk memulai investasi di pasar saham Indonesia.

Contohnya, bila ada suatu perusahaan yang mempunyai saham senilai Rp. 5.000 per lembar, maka bila menggunakan aturan dulu, investor perlu menyediakan dana sebesar Rp. 2,5 juta untuk transaksi satu lot saham. Akan tetapi, dengan aturan baru, investor hanya perlu menyediakan dana sebesar Rp. 500 ribu.

BEI, aturan baru, info saham, investasi saham, ekonomi

Dengan adanya aturan baru BEI ini, diharapkan dapat menarik investor-investor baru untuk menanamkan uang mereka di pasar saham Indonesia. Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak investor yang menarik investasi mereka dari pasar saham Indonesia karena keadaan pasar saham yang belum stabil. Kebanyakan yang menarik dana adalah mereka investor asing. Langkah BEI ini digunakan untuk menarik investor dari dalam negeri. Selain itu, aturan BEI yang baru ini juga untuk membuat transaksi di BEI menjadi lebih likuid.

Menurut Ito Warsito, Direktur Utama BEI, semua yang dibutuhkan untuk menerapkan aturan BEI yang baru ini sudah siap. Sebelumnya, ada enam anggota bursa (AB) yang belum siap secara teknis untuk menerapkan aturan BEI yang baru ini.

Kini, keenam AB tersebut sudah dinyatakan siap dengan perubahan yang akan diterapkan oleh BEI ini. Oleh karena itu, aturan baru BEI ini dapat diterapkan mulai hari Senin 6 Januari 2014.

Sebelumnya, BEI sudah mensosialisasikan perubahan lot saham di BEI ini sejak beberapa bulan yang lalu. Jadi, diharapkan saat aturan BEI ini diterapkan minggu depan, maka semua pelaku pasar akan siap dengan aturan baru ini.

Selama ini, transaksi harian yang tercatat di BEI adalah sekitar Rp. 6,25 triliun per hari. Ito mengatakan, dengan adanya aturan baru BEI ini diharapkan akan meningkatkan keefektivitasan transaksi. Dan, hasilnya, akan terjadi peningkatan volume transaksi harian menjadi setidaknya Rp. 7 triliun.

 BEI, aturan baru, info saham, investasi saham, ekonomi

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *