Teropong Bisnis | Homepage
Saham Syariah Mengalahkan IHSG

Saham Syariah Mengalahkan IHSG

0 Comments 🕔15.Dec 2013

Ada banyak jenis sistem perekonomian di dunia saat ini. Salah satunya adalah sistem ekonomi Syariah. Sistem ekonomi yang menggunakan nilai-nilai Islam ini juga cukup berkembang di Indonesia. Memang, banyaknya penduduk Indonesia yang memeluk Islam menjadikan sistem ini cocok untuk dijalankan. Hal ini juga dibuktikan dengan perkembangan saham Syariah di Bursa Efek Indonesia (BEI).

BEI mengakui bahwa saham Syariah sudah sangat berkembang saat ini. Bahkan, dapat dikatakan saham jenis ini berkembang dengan sangat baik.

Menurut catatan BEI, saat ini ada 313 saham jenis saham Syariah yang diperjual belikan di pasar saham Indonesia. Jumlah ini merupakan presentase yang cukup besar, mengingat total jumlah saham di pasar modal Indonesia mencapai 483 saham. Jadi, lebih dari 2/3 saham termasuk saham Syariah.

Menurut Direktur Pengembangan BEI Friderica Widyasari Dewi, bila dibandingkan dengan tahun 2007, jumlah saham Syariah pada tahun tersebut hanya berjumlah 200 saham. Jadi, ada peningkatan lebih dari 100 emiten baru yang tercatat secara resmi sejak tahun tersebut.

 Saham Syariah tidak hanya mencatakan pertumbuhan jumlah yang cukup signifikan. Akan tetapi, kondisi pasar modal syariah juga tidak kalah bagusnya. Menurut Friderica, hal ini juga menjadi salah satu penyebab naiknya jumlah saham Syariah di BEI.

Selain itu, pertumbuhan pasar modal Syariah mencatatkan hasil yang sangat baik. Pada triwulan II tahun 2012, Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) naik hingga 24,8 persen. Sedangkan untuk Jakarta Islamic Indez (JII), juga terjadi pertumbuhan sebesar 21,3 persen. Artinya, pertumbuhan yang mencapai 2 digit ini sangat menyegarkan untuk dunia usaha di Indonesia.

Bila dibandingkan dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pasar modal Syariah juga dapat dikatakan lebih baik. Bahkan pada Januari 2012, ISSI mencatatkan pertumbuhan sebesar 13 persen. Presentase pertumbuhan ini jauh lebih baik dibandingkan IHSG.

Selain pertumbuhan, nilai kapitalisasi pasar saham Syariah juga cukup tinggi, yaitu sekitar Rp. 3.000 triliun. Dengan semua kondisi ini, pasar saham Syariah dapat dikatakan tidak terpengaruh oleh keluarnya banyak investor asing dari pasar modal Indonesia.

Friderica juga menambahkan bahwa saham Syariah bukan hanya produk Syariah yang menarik bagi investor. Produk-produk lain, seperti reksa dana Syariah juga sangat disukai oleh banyak penanam modal, khususnya penanam modal yang mempunyai profil resiko moderat. Investor tipe ini biasanya mencari ivnestasi dengan return sedikit diatas tingkat imbal hasil deposito.

Per Maret 2013, pangsa pasar reksa dana Syariah baru mencapai 7,71 persen dari total produk reksa dana di Indonesia. Tapi, bila Anda melihat kondisi diatas, ada satu kesimpulan yang dapat ditarik. Pasar saham Syariah dapat menjadi sangat menjanjikan sebagai tempat untuk berinvestasi. Bila ingin berinvestasi saham, mungkin saham-saham Syariah ini bisa menjadi pilihan.

 saham syariah

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *