Teropong Bisnis | Homepage
Saham Perdana Chitose Naik Hingga 11%

Saham Perdana Chitose Naik Hingga 11%

0 Comments 🕔28.Jun 2014

Tahun 2014 ini Bursa Efek Indonesia kedatangan tamu baru. Perusahaan yang mencatatkan diri di papan Bursa Efek Indonesia adalah PT Chitose Internasional Tbk. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang menjadi emiten ke 13 yang masuk dalam BEI di tahun 2014. Hargasaham perdana Chitose dihargai Rp. 367 per lembar sahamnya.

Harga tersebut berbeda dengan harga yang ditawarkan saat Initial Public Offering atau IPO. Kala itu, harga saham perdana Chitose ditawarkan dengan harga Rp. 330 per lembar saham. Dalam BEI, perusahaan ini diberi kode CINT.

Level tertinggi saham perusahaan ini berada pada Rp. 380 dan level terendah Rp. 350 per lembar saham. Pada pembukaan perdagangan saham, Chitose berhasil melakukan transaksi penjualan sebanyak 3117 lot saham.

Transaksi tersebut dilakukan sebanyak 63 kali dengan nilai transaksi mencapai Rp. 677.000.000. Dalam tahap pembukaan saham tersebut PT Chitose Internasional Tbk melepas hingga 300 juta saham ke publik.

Itu artinya, Chitose melakukan pembukaan saham mencapai 30% dari modal yang sudah disetor penuh. Sebagai informasi, pihak Chitose memperoleh suntikan dana mencapai Rp. 99 miliar pada fase IPO. Dana tersebut akan dialokasikan untuk beberapa pos. Pos pertama yaitu sekitar 25% akan digunakan untuk membeli tanah yang akan digunakan untuk lokasi pabrik baru.

Pos kedua yaitu 10% akan digunakan untuk membangun pabrik baru. Sedangkan pos ketiga yaitu sekitar 20% akan digunakan untuk membeli mesin dan perlengkapan pabrik yang baru. Pos keempat atau sekitar 30%  lagi akan digunakan sebagai penguatan penetrasi pasar.

Terakhir yaitu pos kelima atau 15% akan dimasukkan dalam modal kerja Chitose sendiri. Pendapatan Chitose juga mengalami peningkatan sepanjang 2013 yang lalu. Kala itu, pendapatan Chitose sudah mencapai Rp. 288.12 miliar.

Tahun sebelumnya namun pada periode yang sama, Chitose hanya meraup pendapatan sebanyak Rp. 288.12 miliar. Kenaikan ini disebabkan oleh adanya kenaikan laba periode berjalan. Saat itu kenaikan laba berjalannya mencapai 82.06% atau menjadi Rp. 42.15 miliar untuk tahun 2013 yang lalu.

Penjualan saham perdana Chitose dinilai cukup baik dan memuaskan jika dilihat dari data tersebut di atas. Dari data tersebut dipastikan bahwa harga saham Chitose meningkat menjadi 11%. Chitose yang bergerak dalam bidang furniture ini mengawali penjualan saham dengan baik.

Hal ini tentu saja menjadi pertimbangan bagi investor untuk membeli saham di tengah kondisi ekonomi di Indonesia yang masih tidak menentu. Informasi ini dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum melakukan aksi baik penjualan maupun pembelian saham.

Ada baiknya untuk melakukan pembelian saham PT Chitose Internasional Tbk mengingat prospeknya sangat baik di awal pembukaan saham di Bursa Efek Indonesia dengan kenaikan yang juga cukup signifikan.

3.Saham1

BACA JUGA:

IHSG Diprediksikan Merosot

Masa Konsolidasi IHSG, Saham-Saham Menggiurkan Bertebaran Siap Dibeli

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *