Teropong Bisnis | Homepage
Reksa Dana Naik Pamor

Reksa Dana Naik Pamor

0 Comments 🕔16.Aug 2013

Di Indonesia, kini bursa pasar reksa dana semakin naik pamornya. Hal ini terbukti dari semakin diminatinya pasar reksa dana oleh investor. Diantara 10 jenis reksa dana, reksa dana saham adalah yang paling diminati oleh investor. Jika dilihat, nilai total dari Aktiva Bersih atau NAB dari reksa dana, baik yang ditawarkan kepada investor melalui penawaran umum atau pun yang ditawarakan melalui penawaran berupa penyertaan terbatas, meningkat sebesar lebih dari 5 persen. Angka yang diperoleh menunjukkan bahwa NAB reksa dana meningkat dari Rp 221, 67 triliun menjadi Rp 232,92 trilun. Angka ini terhitung sejak 2 Januari 2013 hingga 13 Agustus 2013.

Reksa-Dana-Naik-Pamor-2

Pertumbuhan NAB Sangat Signifikan

Menurut Kepala Eksekutif Pasar Modal OJK, Nurhaida, pertumbuhan NAB yang signifikan tersebut menunjukkan bahwa pertumbuhan NAB di reksa dana yang ditawarkan melalui penawaran umum saja meningkat menjadi 198,75 trilium rupiah pada 13 Agustus 2013. Hal ini menunjukkan bahwa pamor bursa pasar reksa dana memang sangat diminati oleh investor atau bisa dibilang naik pamor. Sementara itu, untuk reksa dana pasar, NAB nya juga mengalami peningkatan dari Rp 12,46 triliun pada bulan Januari 2013 menjadi Rp12,88 triliun pada 13 Agustus 2013.

Di lain pihak, NAB reksa dana campuran juga mengalami kenaikan yaitu pada Rp23,89 triliun pada 13 Agustus 2013 yang naik dari Rp20,70 triliun pada Januari 2013. Meskipun demikian, ada reksa dana yang NAB nya mengalami penurunan, yaitu reksa dana pendapatan. Reksa dana pendapatan NAB nya mengalami penurunan dari 35,82 triliun rupiah pada Januari 2013 menjadi 30,26 triliun rupiah pada 13 Agustus 2013. Reksa dana yang lainnya, yaitu reksa dana terproteksi juga mengalami penurunan dari 39,89 trilun rupiah turun menjadi 37,77 triliun rupiah. Jenis reksa dana yang lain yang juga mengalami penurunan adalah reksa dana pendapatan tetap. NAB dari reksa dana pendapatan tetap turun dari 35,82 triliun rupiah menjadi 30,26 trilun rupiah.

NAB Naik dan Turun

Di satu sisi, Nurhaida mengungkapkan bahwa jumlah reksa dana yang ditawarkan sampai dengan 13 Agustus 2013 sudah mencapai 802 reksa dana yang ditawarkan melalui penawaran umum. Dari jumlah tersebut, ada 102 reksa dana yang sudah efektif pada tahun 2013. Secara lebih terperinci, Nurhaida mengungkapkan juga bahwa untuk reksa dana yang berjenis reksa dana penyertaan terbatas, ada sekitar 95. Dua diantara jumlah tersebut sudah mendapatkan evektif pada tahun 2013.

Jumlah keseluruhan reksa dana di Indonesia tersebut semuanya dikelola oleh manajer investasi yang berjumlah 72 buah. Aset dari reksa dana di Indonesia tersebut saat ini masih tersimpan di dalam 16 buah bank kustodian. Selain indikator dari NAB, jumlah unit penyertaan untuk bursa pasar reksa dana juga mengalami peningkatan, yaitu sebesar 4,58 persen. Peningkatan ini merupakan dampak dari proses edukasi yang baik terhadap investor sehingga mampu memahami produk reksa dana dan memahami resiko-resikonya.

Reksa-Dana-Naik-Pamor-3

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *