Teropong Bisnis | Homepage
Ramalan untuk IHSG Pekan Depan

Ramalan untuk IHSG Pekan Depan

0 Comments 🕔04.Nov 2013

Minggu kemarin adalah minggu dimana terjadi banyak demo buruh. Dan, rupanya, hal ini tidak hanya mempengaruhi produksi banyak pabrik di seluruh Indonesia. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ternyata juga terkena dampaknya.

Seperti biasanya, karena terganggunya dunia industri akibat aksi demo ini, IHSG menunjukkan sinyal melemah. Saat dibuka, nilai IHSGmencapai 4.432,589, lebih rendah dari pekan sebelumnya yang mencapai 4.590,538. Tapi, bagaimana keadaan IHSG pada pekan depan?

David Sutyanto, Analis Riset First Asia Capital menyatakan bahwa sebenarnya ada sinyal cerah diantara tren melemah IHSG. Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan bahwa inflasi yang terjadi cukup rendah, yaitu 0,09%. Akan tetapi, hal yang seharusnya menjadi kabar baik ini menjadi kebalikannya, karena dibarengi dengan defisit neraca perdagangan yang cukup besar, yaitu sebesar US$ 657,2 juta.

Hal ini dapat dikatakan bahwa pemerintah telah gagal untuk mengendalikan impor migas. David juga menambahkan bahwa demo buruh yang banyak terjadi beberapa kali pekan lalu membuat perusahaan manufaktur tidak dapat berproduksi secara maksimal, juga menjadi salah satu faktor penyebab defisit ini.

Bila kondisi ini tidak segera diatasi, maka akan ada banyak efek negatif yang terjadi pada perekonomian Indonesia. Menurut David, dampak yang paling riskan adalah menurunnya Purchaisng Manager Indeks (PMI) Indonesia hingga menyentuh angka dibawah 50. Padahal, bila Anda melihat PMI Indonesia bulan lalu, Anda akan melihat kondisi yang cukup baik. Pada Oktober 2013, PMI Indonesia naik dari posisi 50,2 ke posisi 50,9.

Laporan yang dikeluarkan oleh beberapa perusahaan juga membawa dampak pada IHSG pekan ini. Banyak emiten yang mengeluarkan laporan keuangan yang melemah. Dan, hal ini bertolak belakang dengan data dari manufaktur China yang naik menjadi 51,4%.

Bank of Japan (BoJ) juga mengeluarkan pernyataan tentang kondisi ekonomi negara matahari terbit ini. Menurut laporan mereka, setelah mencatat inflasi sebesar 2%, tercatat adanya kemajuan yang cukup pesat. Selain itu, pasar Amerika juga mendapatkan sentimen positif pada penutupan akhir pekan ini.

Sedangkan IHSG, selain masih terbayang-bayang tren menurun pekan ini, pekan depan juga masih dapat terkoreksi. Kondisi buruh yang belum kondusif dan juga neraca perdagangan yang masih defisit akan menyisakan beberapa masalah.

Selain itu adanya sentimen negatif yang dipengaruhi oleh prediksi turunnya tingkat pertumbuhan ekonomi dan laba emiten juga menjadi masalah yang harus diperhatikan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia sendiri diprediksi hanya akan naik sebesar 5,6-5,8%.

IHSG diprediksi tidak akan cepat terkoreksi karena bursa global bergerak positif. David juga menyampaikan bahwa support IHSG masih di level 4.350 dengan gap di 4.200. Artinya, investor harus pintar memilih emiten dan juga menjaga posisi kas mereka untuk mendapatkan kenaikan pendapatan.

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *