Teropong Bisnis | Homepage
PUB Tahap Kedua Mandiri Tunas Finance Masih Misterius

PUB Tahap Kedua Mandiri Tunas Finance Masih Misterius

0 Comments 🕔24.Nov 2013

Pekan ini, ada beberapa perusahaan yang melakukan langkah besar untuk mendapatkan modal di pasar saham Indonesia. Salah satunya adalah PT Mandiri Tunas Finance (MTF).

Pada pekan ini, perusahaan ini akan melakukan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) untuk obligasi tahap kedua tahun 2014. Besar PUB untuk obligasi ini adalah Rp. 750 miliar.

Rencana ini melanjutkan penawaran umum berkelanjutan yang dilakukan oleh perusahaan ini pada tahun 2013 ini. Menurut Direktur Utama MTF Ignatius Susatyo Wijoyo saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta pada Jumat 22 November 2013 lalu, target perusahaannya adalah mendapatkan Rp. 1,25 triliun. Jadi, setelah meluncurkan penawaran pertama berjumlah Rp. 500 miliar tahun ini, tahun depan pihaknya berencana untuk memenuhi target ini dengan meluncurkan PUB obligasi senilai Rp. 750 miliar.

Bila rencana ini terealisasi, maka dipastikan perusahaan ini akan mempunyai modal segar untuk mengembangkan usahanya. Saat ini, MTF masih mendapatakn modal yang berasal dari Bank Mandiri. Bahkan, besar pendanaan dari Bank Mandiri ini cukup besar, yaitu 80%-85% dari dana yang diperlukan untuk beroperasi.

Sedangkan sisa uang yang dibutuhkan untuk pendanaan diperoleh dari pasar saham dan pinjaman dari bank. Jadi, dengan rencana penjualan saham ini, maka diharapkan, MTF akan dapat memperoleh dana secara mandiri. Hal ini baik untuk masa depan dan citra perusahaan, sehingga di masa mendatang diharapkan akan dapat mengundang lebih banyak penanam modal.

Akan tetapi, belum ada kepastian kapan waktu yang tepatnya untuk melaksanakan rencana ini. Menurut Ignatius, rencana PUB tahap kedua ini memang sudah direncanakan secara matang, hanya tinggal memilih waktu pelaksanaan.

Saat ini, pihaknya masih melihat kondisi politik, terutama pada tahun 2014. Tahun depan diperkirakan pasar saham akan sangat terpengaruh dengan adanya Pemilu.  Dan hal ini sudah diperkirakan oleh banyak ahli. Bahkan, beberapa diantaranya memprediksi bahwa pasar saham akan jatuh sementara, sehingga, peluang untuk mendapatkan modal dari investasi tidak akan cukup menjanjikan.

Meskipun demikian, Ignatius mengatakan bahwa pihaknya tetap optimis bahwa PUBtahap kedua tersebut akan dapat dilaksanakan dengan lancar pada tahun depan. Pihaknya percaya bahwa penawaran mereka ini masih sangat menarik dan ada banyak pelaku pasar dan investor yang mau untuk menanamkan modalnya di perusahaan ini.

Tetapi, Ignatius memberikan gambaran kapan waktu akan dilaksanakan PUB ini. Menurutnya, pihaknya masih akan melihat pada semester I atau II. Bila ada peluang, maka PUB ini akan dilaksanakan. Paling tidak, PUB ini akan dilaksanakan setelah bulan April tahun depan.

Dengan semakin tumbuhnya industri automotif, Iganatius juga percaya bahwa perusahaannya ini akan mampu berkembang dan tumbuh dengan baik di tahun depan. Hal ini juga akan menjadi lebih baik, bila rencana PUB ini berjalan dengan sukses.

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *