Teropong Bisnis | Homepage
PT. Sawit Sumbermas Sarana Tawarkan Hingga 1.5 Miliar Lembar Saham

PT. Sawit Sumbermas Sarana Tawarkan Hingga 1.5 Miliar Lembar Saham

🕔08.Nov 2013

Jika Anda berencana untuk menambah investasi dalam bentuk saham perusahaan, maka tengkok informasi  ini. Sebagai informasi, tahun ini PT. Sawit Sumbermas Sarana akan melakukan penawaran umum untuk Saham Perdata atau Intial Public Offering atau biasa disingkat IPO. Waktu penawaran saham IPO ini tidak akan lama lagi karena menurut perkiraan saham tersebut akan ditawarkan pada bulan November 2013.

Tidak tanggung-tanggung, saham yang akan dilepas ke pasar akan bernilai lebih dari 1 miliar Secara spesifik, Rimbun Situmorang selaku Direktur Utama PT. Sawit Sumbermas Sarana mengatakan bahwa saham yang akan ditawarkan mencapai 1.5 miliar lembar saham. Jumlah ini merupakan 15.7% dari jumlah modal yang ditempatkan dan disetorkan penuh ke Perseroan.

Hal ini, diungkapkan oleh Rimbun pada gelaran Due Diligence Meeting dan Public Expose di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Penawaran saham PT. Sawit Sumbermas Sarana ini juga bekerjasama dengan PT. BNP Paribas Securities Indonesia. PT. BNP Paribas Securities Indonesia sendiri bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek. Untuk jadwal pelaksanaan emisi efek juga sudah diumumkan yaitu pada tanggal 29 November 2013.

Penawaran saham PT. Sawit Sumbermas Sarana ini rencananya akan dimulai pada tanggal 3 Desember hingga 5 Desember 2013 mendatang. Untuk jadwal penjatahannya sendiri akan dilakukan pada tanggal 9 Desember 2013. Setelah itu, saham akan dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia atau BEJ pada tanggal 12 Desember 2013 yang akan datang.

Selain itu, dijelaskan pula alokasi dana dari saham tersebut. 60% dari dana yang nantinya didapat dari penawaran umum ini akan digunakan persero untuk mengembangkan usaha. Pengembangan usaha tersebut termasuk memperluas lahan perkebunan,  mengembangkan PKS dan mengembangkan sarana pendukung lainnya. 25% dari dana tersebut nantinya akan dialokasikan pada pelunasan hutang bank. Sedangkan 15% sisanya akan dialokasikan untuk pembiayaan modal kerja.

Perlu diketahui bahwa PT. Sawit Sumbermas Sarana merupakan perkebunan kelapa sawit yang berlokasi di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Saat ini, perseroan sawit ini memiliki luas kebun mencapai 78.071 hektar. Selain itu, perseroan di Kalimantan Tengah ini juga telah memiliki 4 pabrik kelapa sawit.

Kapasitas per pabriknya mencapai 240 ton per jam. Perseroan ini juga telah memiliki 1 kernel crushing plant dengan kapasitas yang mencapai 150 ton per harinya. Penawaran saham PT. Sawit Sumbermas Sarana ini bisa jadi batu loncatan investasi Anda selanjutnya. Hal ini terkait dengan prospek perseoran ini di masa datang.

Harga saham yang ditawarkan oleh perseroan ini berkisar antara Rp. 670 hingga Rp. 970 per lembar saham. Sebagai pertimbangan, pendapatan PT. Sawit Sumbermas Sarana mengalami peningkatan sebesar 30% per 30 Juni 2013. Peningkatan pendapatan ini berasal dari pertumbuhan produksi serta volume penjualan beberapa produk seperti CPO, PK dan PKO.

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks