Teropong Bisnis | Homepage
PT Provident Agro untuk Akuisisi dan Akuisisi

PT Provident Agro untuk Akuisisi dan Akuisisi

0 Comments 🕔24.Nov 2013

Pekan ini, pasar saham Indonesia kembali akan diramaikan oleh kabar perdagangan yang pasti menarik bagi banyak pelaku pasar. Salah satunya datang dari PT Provident Agro Tbk (Perseroan). Perusahaan ini akan merealisasikan penawaran saham dalam Penawaran Umum Terbatas (PUT).

Perusahaan ini akan menawarkan 2,11 lembar saham biasa atas nama. Jumlah ini dapat dikatakan merupakan 30 persen dari modal yang ditanamnkan pada PUT.

Harga saham pada penawaran pembukaan kali ini akan dipasang pada nominal Rp. 100 per lembar saham. Dan, saat pelaksanaan penawaran, harga yang dipasang akan naik menjadi Rp. 420.

Dari penawaran saham ini, Providen Agro memperkirakan akan mendapatkan modal maksimal Rp. 887,037 miliar. Perusahaan ini akan menggunakan modal yang diperoleh dari PUT untuk banyak tujuan.

Pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Provident Agro di Hotel JW Marriot, Jumat 22 November 2013, Devin Antonio Ridwan, Direktur PT Provident Agro menyampaikan bahwa salah satu hal yang akan dilakukan oleh perusahaannya dengan modal ini adalah untuk modal akuisisi. Untuk proses akuisisi, diperkirakan akan menggunakan Rp. 130 miliar. Sedangkan sisa uang dari modal ini akan digunakan untuk modalkerja.

Meskipun rencana untuk akuisisi ini sudah direncanakan dengan matang, tetapi, masih ada kendala. Pihaknya belum memutuskan perusahaan mana yang akan menjadi target akuisisi.

Selain akuisisi, ada juga rencana lain yang akan dilaksanakan oleh perusahaan ini dengan modal yang didapat dari PUT yang akan dilaksanakannya ini. Salah satunya adalah untuk mendanai modal kerja Entitas Anak.

Jumlah modal yang akan digunakan untuk rencana diatas adalah sebesar Rp. 180 miliar. Jumlah ini akan digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pembelian TBS, pengadaan bahan baku, perawatan TM dan juga digunakan untuk biaya operasional lain.

Tampaknya, perusahaan ini sedang gencar-gencarnya ingin melaksanakan akuisisi terhadap beberapa perusahaan. Menurut kabar yang dilansir oleh perusahaan Provident Agro, modal yang tersisa setelah digunakan untuk dua hal diatas juga digunakan untuk membereskan proses akuisisi.

Ada beberapa kewajiban yang harus diselesaikan oleh perusahaan ini, seperti proses akuisisi untuk seluruh saham PT. Nusaraya Permai dan PT. Akam Permai. Perusahaan Provident Agro memulai akuisisi ini pada Mei 2012 dan sampai saat ini, proses ini masih berlanjut.

Akuisisi ini juga akan mengalihkan saham PT Hamparan Karunia Nusantara ke PT. Providen Capital Indonesia. PT. Providen Capital Indonesia adalah salah satu pemegang saham utama di Perseroan.

Devin juga menambahkan bahwa semua proses Penawaran Umum Terbatas (PUT)dan juga akuisisi beberapa perusahaan diatas hanya mempunyai satu tujuan yaitu untuk mengembangkan bisnis perseroan. Dan tentunya, hal ini dimaksudkan agar perseroan ini dapat tumbuh menjadi lebih baik di masa mendatang.

 

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *