Teropong Bisnis | Homepage
Prediksi Jebloknya Nilai Rupiah Pasca Terpilihnya Presiden Baru

Prediksi Jebloknya Nilai Rupiah Pasca Terpilihnya Presiden Baru

0 Comments 🕔11.Jul 2014

Kabar buruk mengiringi perhelatan pemilihan presiden 9 Juli 2014 lalu. Kabar buruk tersebut terkait dengan nilai tukar rupiah yang justru semakin terpuruk. Hal ini diprediksi oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo.

Menurut pihaknya, nilai tukar rupiah terhadap dolar akan semakin terperosok ke level Rp. 15.000 per dolar. Salah satu pemicu jebloknya nilai tukar rupiah adalah karena ada kemungkinan presiden yang terpilih tidak sesuai dengan harapan pengusaha ataupun investor. Sofjan Wanandi selaku Ketua Umum Apindo menyatakan bahwa investor sangat takut dengan pernyataan para calon presiden dan calon presiden.

Dalam beberapa kesempatan para calon presiden mengatakan bahwa salah satu misi mereka jika nanti terpilih adalah menasionalisasikan Indonesia. Jika misi tersebut terlaksana maka peluang penanam modal asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia semakin kecil. Menanggapi prediksi jebloknya nilai tukar rupiah pihak Apindo mengaku masih melakukan wait and see.

Mereka akan melakukan langkah ini setidaknya selama 3 bulan ke depan hingga dipastikan siapa presiden resmi Indonesia pengganti Susilo Bambang Yudhoyono. Terpuruknya nilai rupiah hingga terjerembab ke level Rp. 12.100 per dolar Amerika Serikat sangat disesalkan oleh Sofjan.

Alasan terpuruknya nilai rupiah adalah persaingan yang sangat panas dan ketat antara kedua pasangan tersebut. Sebenarnya, dolar tidak perlu menguat hingga level Rp. 12.100 apalagi jika presiden yang terpilih tidak sesuai harapan.

Dengan kondisi Indonesia saat ini bukan tidak mungkin nilai tukar rupiah semakin anjlok ke level Rp. 15.000. Sayangnya, Sofjan enggan menyebutkan nama calon presiden yang akan memicu jebloknya nilai tukar rupiah.

Prediksi ini sangat serius dan peluangnya sangat besar. Selain itu, investor juga ketakutan dengan hasil pemilu yang sangat ketat dan tipis. Sebagai reaksi dari ketakutan tersebut, diperkirakan investor akan memindahkan modal mereka ke luar negeri. Mereka akan melakukan hal ini sebelum terjadi keributan yang mirip dengan keributan yang terjadi pada era tahun 1997 hingga 1998 yang lalu.

Kala itu, Indonesia sangat kacau dengan banyaknya demonstrasi dan berbagai tekanan. Pengusaha Indonesia tentu tidak tinggal diam. Untuk mencegah hal ini terjadi, mereka bersatu padu untuk menggunakan hak pilih sebaik mungkin.

Bagi Anda yang seorang pengusaha tentu saja Anda ingin presiden yang mampu memajukan pengusaha lokal, bukan? Di sisi lain, pemimpin tersebut juga tidak menutup pintu masuk terhadap investor asing. Sofjan menambahkan bahwa apa yang diinginkan oleh pihak pengusaha dan investor adalah pemimpin yang mengerti berbagai masalag yang nyata dihadapi oleh pengusaha dan investor di Indonesia.

Diharapkan bahwa presiden terpilih nanti tidak hanya memberikan program visi atau misi yang berjanji memajukan pengusaha tetapi tidak terbukti sama sekali. Sudah pasti Anda yang berprofesi sebagai pedagang dan investor mengharapkan hal yang serupa dengan sofjan.

nilai tukar rupiah, info saham, managemen keuangan, ekonomi

BACA JUGA:

Saham Perdana Chitose Naik Hingga 11%

Politik Menggelora, Saham Indosat Terkena Dampaknya

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *