Teropong Bisnis | Homepage
Posisi Indeks Harga Saham Gabungan Setelah Jokowi Terpilih Menjadi Presiden

Posisi Indeks Harga Saham Gabungan Setelah Jokowi Terpilih Menjadi Presiden

0 Comments 🕔25.Jul 2014

Kabar menggembirakan datang dari Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG. Pasalnya, laju indeks harga saham mengalami penguatan walaupun tidak terlalu signifikan. Pada awal pekan, 14 Juli 2014 IHSG ditutup pada level 5.021 sedangkan pada akhir pekan ditutup pada level 5.071.

Penguatan yang sangat tipis ini juga diikuti dengan adanya penguatan pada frekuensi perdagangan, volume perdagangan dan nilai transaksi. Reza Priyambada selaku Kepala Riset menuturkan bahwa perdagangan saham yang tidak terlalu padat ini dikarenakan pelaku pasar justru menahan aksi beli.

Hal ini dilakukan oleh pelaku pasar pada minggu lalu. Alasan utama pelaku pasar melakukan hal ini adalah karena mereka menunggu pengumuman resmi pemilihan presiden dari KPU. Apapun hasil yang dikeluarkan oleh KPU terkait dengan hasil pemilu presiden, maka akan menentukan arah pasar.

Pelaku pasar pun masih terpengaruh dengan setimen negatif yang muncul jelang pemilihan presiden 22 Juli 2014 yang lalu. Banyak beredar isu bahwa akan terjadi kerusuhan dari pihak manapun yang kalah pada pemilihan tersebut.

Hal inilah yang membuat pelaku pasar memilih untuk menunggu dan menahan aksi beli. Pada akhirnya Indeks Harga Saham Gabungan menjadi meningkat walaupun tidak signifikan. Jika isu tersebut tidak terbukti tentu saja kondisi pasar saham akan tetap stabil.

Ditambahkan Reza, jika isu tersebut akhirnya terjadi maka aksi jual oleh pelaku pasar akan semakin tertahan. Sektor perbankan merupakan sektor yang terkena imbas dari isu-isu semacam itu. Para pelaku pasar akan cenderung mengalihkan saham mereka ke sektor-sektor yang lebih aman.

Intinya, jika Anda ingin melakukan aksi maka disarankan untuk menghindari saham dari sektor perbankan setidaknya hingga kondisi politik di Indonesia stabil.

Lalu, langkah apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi kondisi politik di Indonesia yang masih memanas jelang dan setelah pilpres? Tentu saja, sebagai pelaku pasar Anda bisa mengalihkan saham pada sektor-sektor yang tidak terlalu terpengaruh oleh geliat politik di Indonesia. Reza menyarankan untuk mengambil sektor pertambangan.

Hal ini karena Indeks Harga Saham Gabungan pada sektor pertambangan mulai mengalami peningkatan walaupun juga masih tidak terlalu signifikan. Selain itu, Anda juga bisa mengalihkan saham pada sektor perkebunan karena sektor ini juga mengalami kenaikan dan tidak terlalu terpengaruh dengan kondisi politik di Indonesia saat ini.

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan pasca pemilihan presiden berada pada level 5.108. Yang harus Anda lakukan saat ini adalah menunggu hingga suasana pemilihan presiden yang telah dimenangkan oleh Jokowi dan Jusuf Kalla mereda dan kembali semula.

Kalaupun Anda ingin melakukan aktivitas, ada baiknya mengikuti apa yang sudah dijabarkan oleh Reza Priyambada di atas agar Anda tidak salah melangkah dan justru akan merugikan Anda sendiri.

info saham, index gabungan, saham, ekonomi, nilai saham

BACA JUGA:

Brand Value Sampoerna Nomor 1 Di Indonesia

Penguatan IHSG Terus Terjadi Di Detik-Detik Pengumuman Hasil Pilpres

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *