Teropong Bisnis | Homepage
Posisi Indeks Harga Saham Gabungan Hingga Penutupan Perdagangan

Posisi Indeks Harga Saham Gabungan Hingga Penutupan Perdagangan

0 Comments 🕔11.Oct 2013

Aksi pembelian banyak dilakukan oleh investor domestic setelah Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG menguat hingga 24 poin yang ditopang oleh menguatnya saham-saham komoditas. Pada penutupan perdagangan hari Rabu, 9 Oktober 2013 kemarin, IHSG menguat hingga 0.56% atau 24.931 poin. Dengan penguatan ini, maka IHSG naik ke level 4.457,438. Sementara itu, Indeks LQ45 juga naik hingga 0.74% atau 5.465 menuju level 748.712.

Imbas dari 9 hari tutupnya pemerintahan Amerika Serikat masih variatif khususnya untuk Wall Street. Indeks Dow dan S&P 500 mengalami penguatan sedangkan Nasdaq masih tetap negatif. Saat perdagangan ditutup hari Rabu lalu waktu setempat, Indeks Dow Jones mengalami kenaikan sekitar 0.18% atau 26.45 poin yang mengarahkannya pada level 14.802,98. Sama halnya dengan Indeks Standard & Poor’s 500 yang mengalami kenaikan 0.06% sehingga bertambah 0.95 poin menuju level 1.656,40. Hal yang berbeda ditunjukkan oleh Indeks Komposit Nasdaq dimana indeksnya berkurang sekitar 0.46% atau 17.06 poin melorot menuju level 3.677,78.

Perkiraan untuk hari ini, IHSG akan semakin menguat berdasarkan sisi positifnya bursa regional dan global. Salah satu hal yang harus diwaspadai adalah aksi mengambil untung setelah indeks naik tinggi. Hari ini, bursa regional seperti Indeks Nikkei 225 mengalami penguatan sebesar 0.72% atau 101.57 poin sehingga naik ke level 14.139,41. Sedangkan Indeks KOSPI juga mengalami penguatan sebesar 0.17% atau 3.45 poin menuju level 2.006,21.

2.Posisi Indeks Harga Saham Gabungan Hingga Penutupan Perdagangan1

Rekomendasi perdagangan saham hari ini dapat dilakukan melalui Panin Sekuritas. Penguatan Indeks Harga Saham Gabungan kemarin disebabkan oleh dorongan sentiment oleh cadangan devisa yang membaik. Hal ini merupakan respon dari kebijakan BI rate yang tidak berubah. Dalam keadaan seperti ini pasar telah melihat inflasi yang terkontrol.

Hasilnya, diperkirakan BI rate tidak akan jauh dari level saat ini. Kebijakan pemerintah AS untuk meningkatkan pagu utang membuat tingginya kekhawatiran investor. Investor sangat khawatir terjadi gagal bayar pemerintah AS seiring dengan kebutuhan yang meningkat. Selain itu, dengan keadaan capital outflow saat ini, IMF juga sudah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global di tahun ini dan tahun depan. karena adanya hambatan emerging market.

Lebih jauh lagi, IMF mulai mengingatkan Amerika yang mengalami default yang berdampak serius bagi ekonomi dunia. Hari ini diperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan akan bergerak secara mixed namun dengan kecenderungan menguat terbatas. Support-resistance akan berkisar antara 4.400-4.490. Transaksi IHSG sendiri sudah mencapai 9.3 juta lot atau setara dengan Rp. 4.8 trilliun.

Sektor-sektor yang mengalami pergerakan diantaranya adalah sektor agricultural sebanyak +1.27%, sektor basic-industries sebanyak +1.60%, sector konstruksi dan properti sebesar -0.10%, sektor consumer goods sebesar -0.06%, sektor finance sebesar -0.05%. Selain itu, sektor infrastructure, sektor mining, sektor misc-industries, serta sektor trade juga mengalami pergerakan yang signifikan.

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *